5 Tanda Kesalahan Perawatan Wajah

CNN Indonesia | Selasa, 09/07/2019 12:29 WIB
5 Tanda Kesalahan Perawatan Wajah Ilustrasi (Foto: Istockphoto/EdwardDerule)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perawatan wajah menjadi hal yang sangat penting bagi setiap wanita. Banyak kaum hawa melakukan segala hal demi kulit yang sehat dan cantik.

Bagi sebagian wanita, tak ada yang lebih buruk selain gagalnya perawatan wajah yang dilakoni. Semua kerja keras untuk mendapatkan kulit cantik dan segar jadi sia-sia.

Tanpa disadari, kegagalan ini umumnya terjadi akibat kesalahan yang dilakukan oleh diri sendiri. Kesalahan cara perawatan seperti penggunaan produk yang tak sesuai dengan kondisi wajah jadi salah satu perkaranya.


Ada beberapa hal yang menandai perawatan wajah yang Anda lakoni gagal. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut mengutip Huda Beauty.

1. Kulit sensitif dan kencang
Kondisi ini disebabkan karena kulit terlalu sering menjalani proses eksfoliasi. Akibatnya, kulit menjadi kering. Selain itu, eksfoliasi juga membuat kulit lebih sensitif.

Jika kondisi ini terjadi, artinya Anda terlalu banyak menggunakan bahan keras seperti retinol.

Solusinya adalah dengan mengganti produk yang Anda gunakan. Jangan lupa untuk selalu mengecek bahan-bahan yang terkandung pada kemasan produk. Selain itu, Anda juga perlu menghentikan proses eksfoliasi hingga wajah kembali normal dengan adanya minyak alami.

2. Kulit berminyak
Kulit berminyak disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa di antaranya faktor hormonal, pergantian cuaca, atau kesalahan pada prosedur perawatan wajah.

Tanpa disadari, minyak membuat kulit menjadi kering. Saat kondisi kulit kurang lembap, ia akan memproduksi minyak berlebih. Dalam kondisi ini, sangat penting bagi Anda untuk melembapkan wajah secara teratur.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencari pelembap berbahan dasar air atau serum yang mengandung hyaluronic acid.

3. Teksur kulit tak merata
Tekstur yang tak merata ini terjadi lantaran adanya penumpukan kulit mati di bagian permukaan wajah.

Tekstur kulit wajah yang tak merata dapat diatasi dengan mudah. Anda hanya perlu meningkatkan proses eksfoliasi pada wajah. Lakukan satu kali dalam sepekan, baik menggunakan kuas pembersih, scrub, atau eksfoliator lainnya.

Namun, Anda harus berhati-hati agar tak melakukan proses eksfoliasi secara berlebihan. Jauhi scrub yang bersifat abrasif dan keras.

Selain eksfoliasi, Anda juga bisa menjalani prosedur chemical peel. Prosedur perawatan tersebut akan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk.

4. Bintik bintik merah
Bintik merah umumnya muncul lantaran adanya proses pembersihan. Proses ini terjadi karena Anda menggunakan produk anyar yang membuat kulit teriritasi.

Cara mengatasinya sangat mudah. Anda hanya perlu menyetop penggunaan produk anyar tersebut hingga wajah kembali normal. Setelahnya, kenalkan produk yang akan Anda gunakan secara perlahan.

Jika wajah masih dirasa kemerahan, ganti produk dengan kandungan yang lebih ringan.

5. Kulit sensitif
Kulit sensitif dipicu oleh sejumlah faktor yang menyebabkan ujung saraf di lapisan kulit teriritasi. Kulit sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari, cuaca dingin, air panas, stres, perubahan hormonal, atau bahkan kurang tidur.

Hal ini disebabkan oleh adanya pelemahan lapisan kulit terluar Anda. Pelemahan ini terjadi seiring proses eksfoliasi yang dilakoni.

Untuk itu, Anda perlu mengistirahatkan kulit wajah dengan menghentikan pemakaian produk hingga kulit wajah kembali normal. Anda dianjurkan untuk memilih produk berbahan hyaluronic acid.

Hyaluronic acid berfungsi untuk menghidrasi kulit dan menahan kelembapan kulit.

[Gambas:Video CNN] (nad/asr)