Wanita Inggris Alami Luka Bakar Parah Akibat Bleaching Rambut

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 08:21 WIB
Wanita Inggris Alami Luka Bakar Parah Akibat Bleaching Rambut Ilustrasi bleaching (Foto: Istockphoto/robertprzybysz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mengubah warna rambut membuat wajah terlihat segar. Namun, bukan berarti pewarnaan hadir tanpa risiko. Seorang wanita di Inggris mengalami luka bakar pada kulit kepala akibat proses bleaching.

Jasmine Schofield (19) mengaku bahwa kulit kepalanya mulai memerah dan terasa panas setelah proses bleaching yang dilakoninya di sebuah salon di Lancashire, Inggris.

"Rasanya seperti ada banyak serangga yang merangkak di kepala saya. Sangat gatal dan terasa panas terbakar," kata Jasmine, mengutip Metro.


Bleaching merupakan proses menghilangkan atau mengurangi pigmen berwarna gelap dengan menggunakan krim bleaching. Proses ini umum dilakukan untuk proses pewarnaan rambut dengan warna-warna terang dan menyala.

Jasmine tak menyangka hal tersebut akan menimpanya. Dia telah terbiasa melakukannya selama bertahun-tahun, tapi baru kali ini proses bleaching yang dilakukannya berujung pada luka bakar. "Selama ini kulit kepala saya belum pernah bereaksi seperti itu," kata dia.

Kulit kepalanya melepuh. Akibat kondisi tersebut, Jasmine memeriksakan diri secara medis. Dokter yang menangani memberikan obat berupa gel untuk mengatasi luka bakar.

Cerita bermula saat Jasmine menjalani proses bleaching. Sang penata rambut, diakuinya, meninggalkannya dengan krim bleaching yang masih menempel di kulit kepala selama 70 menit. "Saya mulai merasa kesakitan saat itu," katanya.

Sang penata rambut, kata Jasmine, memberitahunya bahwa proses tersebut akan menimbulkan luka minor berupa lecet. Hal itu disebut sebagai sesuatu yang normal dalam proses bleaching.

Tak dinyana, kulit kepalanya terasa semakin panas pada malam hari. Jasmine disarankan untuk menggunakan kondisioner berbahan kelapa. Dia juga disarankan untuk tidak mencuci rambutnya selama 4-5 hari. Tapi apa daya, keesokan hari kulit kepalanya mulai melepuh.

Setelah diobati dengan olesan salep luka bakar yang diresepkan dokter, kepala Jasmine masih terasa sakit hingga sepekan lamanya. "Kulit kepala saya terasa kering dan bersisik," kata dia. Rambutnya juga perlahan mengalami kerontokan.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)