Panduan Wisata Pertama Kali di Dubai

CNN Indonesia | Selasa, 25/06/2019 13:16 WIB
Panduan Wisata Pertama Kali di Dubai Palm Jumeirah di Dubai. (Istockphoto/Delpixart)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain Singapura, Thailand, dan Hong Kong, Dubai juga semakin dilirik sebagai surga belanja, terutama bagi turis Indonesia.

Bagi yang baru pertama kali ke Dubai, berikut sejumlah panduannya:

1. Terjangkau


Siapa bilang Dubai hanya menyediakan tempat belanja dan restoran mahal? Di kawasan Deira sebenarnya turis bisa belanja dan makan dengan harga lebih terjangkau.

Kawasan Deira juga merupakan kawasan favorit backpackers.


2. Kearifan lokal

Sekitar 50 tahun yang lalu, Dubai hanya dikenal sebagai kawasan memancing. Setelah sumber minyak mentah ditemukan, Dubai berkembang menjadi kawasan internasional. Rasanya lebih banyak ekspatriat di sini dibanding penduduk lokal--yang hanya ditemui di bagian imigrasi bandara.

Bagi turis yang ingin mengenal sejarah dan seni budaya Dubai bisa mendatangi kawasan Mohammed Centre for Cultural Understanding atau kawasan kota al-Fahidi.

3. Jumat

Akhir pekan di Dubai berlangsung mulai dari hari Jumat, jadi siap-siap melihat antrean di museum, mall, dan restoran di hari ini.


4. Jalan kaki

Turis yang gemar berjalan kaki untuk mengeksplorasi destinasi setempat harus siap-siap kecewa saat mendatangi Dubai. Kota ini tak membangun banyak fasilitas untuk pejalan kaki, karena udara di siang hari bisa sangat panas dan udara di malam hari bisa sangat berangin.

Jarak antara satu tempat ke tempat lain juga terbilang jauh, sehingga taksi atau kendaraan sewa bisa diandalkan.

[Gambas:Instagram]

5. Pantai di musim dingin

Tak cuma gurun pasir, karena Dubai juga memiliki kawasan pantai yang cantik. Pantai Jumeirah merupakan salah satu yang populer dikunjungi.

Ada yang unik dengan cara masyarakat Dubai mengunjungi pantai. Mereka datang pada musim dingin, sekitar Oktober-April, karena suhu bakal lebih sejuk.

Sebaliknya saat musim panas, sekitar Juni-Agustus, suhu bakal sangat gerah dan pantai bakal sangat sepi.

[Gambas:Instagram]


6. Bukan cuma belanja

Dubai memang surga belanja, namun ada banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan di sini seperti menjelajahi gurun pasir, mendatangi museum, gedung opera, taman, dan perpustakaan kontemporer, sampai berski di dalam ruang.

[Gambas:Instagram]

7. Tak melulu konservatif

Banyak yang sungkan datang ke Dubai karena menganggap kota ini memiliki aturan ketat terhadap turis. Sebenarnya aturan tersebut tak terlalu menakutkan bagi turis yang tak berbuat onar atau melanggar norma.

Bahkan Dubai masih menyajikan menu minuman alkohol di tempat tertutup, seperti bar atau hotel, sehingga tamu bisa nyaman kongko.

[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)