Trik Padu Padan Busana dan Sepatu Tanpa Kesan Kuno

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 08:57 WIB
Trik Padu Padan Busana dan Sepatu Tanpa Kesan Kuno Ilustrasi (Foto: JessicaGale/morgueFile)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masih ingat dengan busana biru telur bebek ala Melania Trump? Dia menyamakan warna busana, sarung tangan, bahkan hingga sepatu. Istri Donald Trump ini pun sempat mencuri perhatian saat pertemuan dengan keluarga Kerajaan Inggris beberapa waktu lalu. Rumus berbusana yang sederhana meski terkesan old-fashioned.

Rumus yang terkesan kuno ini juga diterapkan para menantu Kerajaan Inggris, mulai dari Puteri Diana, Kate Middleton, hingga Meghan Markle.

Bagi sebagian orang, rumus ini jelas sulit diterapkan, mengingat sulitnya membeli sepatu berwarna sama persis dengan busana.


Namun, Anda tak perlu khawatir, ada beberapa trik yang bisa dicoba untuk memaksimalkan tampilan tanpa membuatnya tampak kuno.

1. Pilih sepatu dengan warna lebih gelap daripada busana
Bagi sebagian orang, menyamakan warna busana dan sepatu akan tampak aneh. Namun, tampilan itu tak lagi aneh jika pilihan warna sepatu setingkat lebih gelap daripada busana. Anda bisa mengenakan gaun merah dipadu dengan sepatu burgundy atau marun. Perbedaan ini akan memberikan karakter pada gaya Anda.

Tak hanya warna yang lebih tua, pilihan warna pun bisa setingkat lebih muda. Trik ini pula yang diterapkan Kate Middleton. Meski busana yang ia kenakan berwarna navy blue bermotif polkadot, ia mengenakan sepatu hak tinggi berwarna biru muda polos.

2. Pastikan bahan busana dan sepatu berbeda
Anda juga perlu memerhatikan pemilihan material sepatu. Warna boleh senada, tapi material harus berbeda.

Untuk hal ini, gaya Meghan Markle bisa disontek. Ia mengenakan gaun panjang berwarna krem dan sepatu warna senada dengan bahan serupa satin yang terlihat mengkilau. Anda juga bisa menirunya dengan memilih bahan sepatu seperti velvet atau metalik untuk menciptakan tekstur pada tampilan.

3. Padukan dengan motif
Tak ada salahnya mengenakan sepatu dan busana bermotif sama. Agak sulit dan jarang, tapi pada kesempatan tertentu trik ini ampuh untuk tampil menonjol.

Jika tidak memungkinkan, Anda bisa mengambil satu warna pada motif untuk diaplikasikan sebagai warna sepatu pilihan. Contohnya busana motif batik dengan warna biru dan putih, Anda bisa ambil biru sebagai warna sepatu untuk dikenakan. Trik ini terbilang lebih modern daripada busana harus terus-terusan dipadukan dengan warna hitam.

4. Pilih sepatu yang 'salah'
Tampil sewajarnya agaknya bakal membosankan. Gaun tak selalu harus dipadu dengan sepatu hak tinggi.

Perlu diingat, bahwa fesyen bukan hanya bagaimana seseorang mengikuti pakem umum. Lebih dari itu, fesyen adalah sarana mengekspresikan diri.

Mengutip Cosmopolitan, tak ada salahnya mengenakan sepatu yang 'salah'. Contoh nyatanya adalah dengan memadukan gaun dengan sneaker. Atau sebaliknya, padukan ripped jeans dengan sepatu hak tinggi untuk memberikan kesan feminim dan berani.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)