Kenali Efek Samping Bleaching Rambut

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 11:02 WIB
Kenali Efek Samping Bleaching Rambut Ilustrasi (Foto: Istockphoto/LightFieldStudios)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bleaching merupakan proses menghilangkan warna dan pigmen rambut asli. Cara ini umumnya digunakan oleh mereka yang ingin tampil dengan warna rambut yang menyala.

Namun, bukan berarti bleaching hadir tanpa risiko. Pada Senin lalu, aktor Iko Uwais, harus pergi ke rumah sakit akibat bleaching rambut yang membuat bagian kanan kepalanya terasa sakit. Jika rambutnya disentuh, Iko juga kerap merasakan sakit yang serius.

Rasa sakit pada kepala Iko terjadi akibat adanya saraf yang teriritasi. Tersangkanya adalah larutan kimia dalam krim.


Tak cuma Iko, pekan lalu seorang wanita Inggris juga harus dilarikan ke rumah sakit akibat luka bakar pada bagian kepala. Luka bakar itu muncul akibat proses bleaching yang dilakoninya.

Krim umumnya mengandung hidrogen peroksida yang dikombinasikan dengan amonia dan toner. Pada proses pemutihan ini, larutan akan masuk ke dalam kulit kepala untuk menghilangkan pigmen dan warna rambut.

Untuk itu, kita perlu mengenali dampak bleaching terhadap kesehatan rambut. Berikut beberapa kerugian yang akan Anda rasakan.

1. Kelembapan
Pada dasarnya, larutan akan menyebabkan pembesaran pada akar rambut. Hal itu memicu pemisahan sisik kutikula yang membentuk rambut Anda.

Mengutip Live Strong, meski proses ini terbilang penting bagi Anda yang menginginkan warna terang, namun bleaching bisa menghilangkan kelembapan rambut. Kelembapan ini akan berujung pada rambut yang kering.

2. Kerusakan
Bleaching sangat berpotensi merusak rambut. Kerusakan ini berakibat pada rambut yang lebih rapuh.

3. Terbakar
Tak jarang kulit kepala terasa perih setelah dilakukan proses pemudaran warna rambut asli. Rasa perih itu merupakan luka bakar akibat bahan kimia yang ada pada produk.

Luka bakar umumnya disertai kemerahan, rasa gatal, dan luka yang terus berkembang.

4. Migrain
Beberapa jenis krim bleaching atau pewarna rambut diketahui dapat mengakibatkan migrain akibat kandungan hidrogen peroksida yang ada di dalamnya. Mengutip situs Migraine, rasa sakit kepala akan semakin terasa jika krim bleaching menempel cukup lama di permukaan kepala.

Tak cuma itu, aroma kuat krim juga bisa menjadi pemicu migrain. Agar aman, Anda direkomendasikan untuk menggunakan pewarna rambut organik tanpa parfum atau bahan kimia yang berbahaya.

[Gambas:Youtube] (nad/asr)