Restoran Prancis Jadi yang Terbaik di Dunia

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 27/06/2019 08:24 WIB
Restoran Prancis Jadi yang Terbaik di Dunia Ilustrasi. Restoran Mirazur di Prancis didapuk sebagai yang terbaik dalam daftar The 50 World's Best Restaurants. (Foto: Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah restoran di Prancis didapuk sebagai yang terbaik di dunia. Mengalahkan pesaingnya dari Denmark dan Spanyol, Mirazur menjadi restoran Prancis pertama yang berada di posisi teratas dalam daftar The World's 50 Best Restaurants.

Restoran diinisiasi oleh koki asal Argentina, Mauro Colagreco. Melansir AFP, dia mengambil inspirasi dari kebunnya sendiri untuk dikreasikan di restoran yang berlokasi di Kota Menton ini.

Penghargaan datang beberapa bulan setelah Colagreco meraih bintang Michelin-nya yang ketiga. "Aku tak punya kata-kata untuk dijelaskan," katanya.


Menyusul berikutnya, restoran Noma di Kopenhagen, Denmark, bercokol di posisi kedua. Restoran di Spanyol, Asador Etxebarri, membuntut selanjutnya pada posisi ketiga.

Sementara pada posisi keempat, restoran Gaggan di Bangkok, Thailand, berdiri sekaligus sebagai yang teratas di Asia. Posisi kelima kembali diraih Denmark dengan restoran Geranium. Dan keenam adalah Central di Lima yang ditandai sebagai yang terbaik di Amerika Selatan.

Penghargaan ini diselenggarakan oleh majalah Inggris Restaurant. Hadir sejak 2002, The World's 50 Best Restaurant didambakan bak bintang Michelin.

Seolah tak terkalahkan, Spanyol telah tujuh kali meraih posisi teratas dalam penghargaan ini. Tahun lalu, restoran Italia, Osteria Francescana, mengambil posisi teratas. Sementara Mirazur berada di posisi ketiga.

"Terima kasih tim saya. Anda pantas mendapatkannya. Terima kasih teman-teman karena telah mendukung kami selama 13 tahun terakhir," ujar Colagreco dalam penyerahan penghargaan yang diselenggarakan di Singapura, Selasa (25/6).

Colagreco adalah satu-satunya koki asing yang dianugerahi bintang tiga Michelin. Dia membuka Mirazur pada 2006 lalu dan dianugerahi bintang untuk pertama kalinya pada tahun 2007.

Mirazur, yang terletak di tenggara Prancis, berbatasan dengan Italia, menawarkan ragam hidangan laut dan penuh sayur. Sebagian besar bahan hidangan berasal dari lahan perkebunan di halaman belakang kediaman Colagreco.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)