7 Kawasan Asia yang Dikenang Anthony Bourdain

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 14:17 WIB
7 Kawasan Asia yang Dikenang Anthony Bourdain Anthony Bourdain dan Barack Obama. (REUTERS/Carlos Barria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak orang yang gemar berwisata, tapi hanya ke kota-kota atau negara-negara maju, yang bisa memuaskan hasrat berfoto atau berbelanjanya. Namun berbeda dengan mendiang chef dan pembawa acara televisi Anthony Bourdain.

Dalam serial televisi dan bukunya Bourdain tak hanya berkisah mengenai destinasi wisata populer di Eropa atau Amerika, tapi ia juga banyak berkisah mengenai destinasi di Asia.


Selain Indonesia, berikut ini destinasi-destinasi unik yang pernah didatangi Anthony Bourdain:


1. Hanoi, Vietnam

Bourdain tiba di Hanoi untuk syuting serial 'Anthony Bourdain: Parts Unknown' yang ditayangkan oleh CNN. Ia mengelilingi kota itu dengan menggunakan sepeda motor. Tak lupa ia mengajak Presiden AS Barack Obama untuk menikmati santapan di warung sederhana.

2. Shanghai, China

Di sini Bourdain belajar lebih dalam mengenai budaya tradisional dan modern China yang memberi warna pada kulinernya. Selain mencoba jajanan kaki lima, ia iseng datang ke pernikahan seseorang tanpa diundang.

3. Okinawa, Jepang

Bourdain menanggap kalau Okinawa menawarkan suasana wisata yang lebih santai ketimbang Tokyo. Di sini ia menyicipi yakisoba dan belajar bela diri tegumi yang mirip sumo.

4. Myanmar

Setelah mengelilingi reruntuhan bangunan kuno di Myanmar, Bourdain mengunjungi toko teh Yangon, untuk mempelajari tradisi teh di sini. Lalu bersama chef Philippe Lajaunie ia menumpang kereta selama 19 jam menuju Bagan untuk menghadiri festival bulan purnama sekaligus menyicipi kuliner khas di sana.


5. Laos

Ban Lao Hotel menjadi perhentian Bourdain untuk menyicipi kuliner khas Laos yang telah naik pangkat. Selama di Laos ia juga menghadiri festival warna-warni tradisi Buddha yang bertajuk Boun Ok Phansa. Tak lupa ia mengunjungi Phosy Market untuk menikmati kuliner khao soi dan khao piak sen.

6. Korea Selatan

Di sini Bourdain menikmati wisata bernuansa modern ala Korea Selatan; karaoke dan video game. Ia juga mewujudkan mimpinya untuk menyicipi ayam goreng dan barbekyu ala Korea yang terenak versinya. Yang paling unik, ia makan menu berbahan dasar ulat sutera.

7. Iran

Esfahan dan Tehran menjadi destinasi tujuan Bourdain saat tiba di negara Asia Barat ini. Selama berada di sana ia menikmati kuliner tradisional Persia yang resepnya berada dari dua keluarga. Kebab bukanlah satu-satunya makanan yang ia santap di sini.


[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)