Pantai Mai Khao, Lokasi Selfie dengan Pesawat di Angkasa

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 15:42 WIB
Pantai Mai Khao, Lokasi Selfie dengan Pesawat di Angkasa Pantai Mai Khao di Phuket, Thailand. (Istockphoto/Southtownboy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jarum jam masih menunjukkan pukul 09.55 pagi, namun sudah banyak orang-orang yang berkumpul di pinggir Pantai Mai Khao, Phuket, Thailand.

Para wanita terlihat berpose layaknya model sampul majalah. Sambil bertelanjang kaki, tidak sedikit yang mengenakan bikini. Padahal suhu tercatat 35 derajat Celcius siang itu.

Tak lama, deru pesawat terdengar di langit. Mereka yang membawa kamera langsung mengabadikan momen tersebut. Hanya dalam hitungan menit, pesawat mendarat dengan selamat di Phuket International Airport.



Pemandangan seperti terlihat selama 10-15 kali dalam sehari di musim turis di Pantai Mai Khao, salah satu lokasi menatap pesawat terbang dengan dekat di Asia.

Meski banyak turis yang datang untuk berfoto, tidak sedikit juga pecinta pesawat yang datang untuk melihat lebih dekat benda pujaannya.

Dikutip dari data milik Pengelola Bandara Thailand, sebanyak 116.487 penerbangan internasional dan domestik dipindahkan ke Phuket International Airport.

Matt Falcus dari Airportspotting.com dan penulis buku World Airports Spotting Guides mengatakan kalau pemandangan pesawat bakal mendarat menjadi atraksi wisata baru dalam industri pariwisata di Phuket, yang selama ini terkenal sebagai pulau pesta.

Pantai Mai Khao, Lokasi Selfie dengan Pesawat di AngkasaSuasana pendaratan pesawat di dekat Pantai Mai Khao. (REUTERS/Athit Perawongmetha)

Falcus menambahkan kalau Pantai Mai Khao merupakan lokasi menatap pesawat yang hendak mendarat dengan jarak paling dekat, dibandingkan St Maarten di Karibia dan Skiathos di Yunani.

Meski menjadi atraksi wisata baru, pemerintah Thailand khawatir jatuhnya korban jiwa di Pantai Mai Khao.

Chula Sukmanop dari Badan Penerbangan Sipil Thailand (CAAT) mengatakan kalau pihaknya segera membangun area pembatas antara bandara dan pantai, sehingga pesawat tak mendarat terlalu dekat dengan orang-orang di bawahnya.

Namun, Pantai Mai Khao merupakan bagian dari Taman Nasional Sirinath, sehingga CAAT harus berkoordinasi juga dengan Badan Taman Nasional Thailand.

Selagi area belum dibangun, CAAT menyebarkan tanda larangan berada terlalu dekat dengan landasan pesawat bagi seluruh pengunjung pantai.


"Salah satu saksi mata mengatakan ia melihat kereta bayi yang jatuh saat berada di pesawat yang hendak mendarat. Itu bukan kecelakaan, namun kami berupaya mengantisipasi kejadian yang lebih buruk," kata Sukmanop.

Tak cuma jatuh, bahaya berada terlalu dekat pesawat yang bakal mendarat antara lain terseret mesin jet sampai kerusakan pendengaran.

Pantai Mai Khao berada sembilan kilometer dari Laut Andaman. Pantai ini memiliki garis pantai paling panjang di Phuket.

Turis yang ingin datang ke pantai ini bisa lebih dulu masuk ke Taman Nasional Sirinath.

Jika tidak ingin jalan kaki menjelajah hutan, tersedia juga jasa mobil shuttle dari jalan Soi Mai Khao 6. Pengendara sepeda motor bisa masuk ke pantai, sementara kendaraan yang lebih besar harus parkir.

Bulan terbaik datang ke sini sekitar Desember sampai Maret, karena pesawat akan mengambil ancang-ancang mendarat dari tengah langit, sesuai perhitungan arah mata barat laut.


[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)