Mengungkap Kondisi Percintaan Lewat Cara Duduk Pasangan

tim, CNN Indonesia | Senin, 15/07/2019 20:38 WIB
Mengungkap Kondisi Percintaan Lewat Cara Duduk Pasangan (ilustrasi pasangan Brodie Vissers via StockSnap)
Jakarta, CNN Indonesia -- Siapa yang tak bahagia menghabiskan waktu bersama orang tercinta? Barangkali kursi panjang atau sofa rumah jadi saksi bisu bagaimana Anda dan pasangan menghabiskan waktu. Menonton televisi atau sekadar duduk-duduk santai juga menyenangkan jika dilakukan bersama si dia.

Namun tahukah Anda kalau pada kenyataannya, cara duduk Anda dan pasangan bisa menggambarkan kondisi hubungan yang sedang Anda jalani?

Sebuah survei jajak pendapat yang dirilis ScS, spesialis sofa dan karet menunjukkan sebanyak 40 persen dari dua ribu pasangan suka duduk merapat dengan pasangan. Sedangkan sisanya lebih memilih punya zona masing-masing. 


Ahli bahasa tubuh, Georgina Barnett menyebut ada tujuh posisi duduk bersama pasangan dengan bisa dimaknai berbeda.


1. Duduk di sofa berbeda

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat pasangan duduk berjauhan bahkan di sofa yang berbeda? Marahan?

Belum tentu. Duduk di sofa berbeda sebenarnya tidak selalu menandakan masalah dalam hubungan. Namun ini lebih pada pasangan sudah lama bersama dan terbiasa satu sama lain. 

Ia menambahkan duduk terpisah bisa juga mengindikasikan bahwa pasangan sudah berada dalam posisi menuju perpisahan. 

2. Kaki di pangkuan pasangan

Kadang rasanya nyaman saat berbaring dengan kaki berada di pangkuan pasangan. Ini menandakan individu yang meletakkan kaki di pangkuan adalah yang memegang kendali hubungan. Mereka menuntut perhatian dan mereka punya posisi dominan. 

Barnett mengatakan posisi ini bisa juga sebagai tanda hubungan yang bahagia dan pasangan yang nyaman satu sama lain. 

3. Duduk bersebelahan

Duduk bersebelahan dengan sentuhan tanpa berpelukan jadi tanda bahwa pasangan tersebut bahagia dan puas. Pasangan terkoneksi dan mencari cara untuk menjaga komunikasi. 

"Pasangan yang duduk di posisi ini punya kepercayaan diri dalam hubungan dan memiliki tingkat kepercayaan yang membuat masing-masing individu punya luasan zona yang sehat. Ada keintiman dikombinasi dengan kebebasan," jelas Barnett mengutip dari Metro. 


4. Duduk berjauhan

Posisi duduk saling berjauhan bisa menandakan pasangan sudah berpisah. Duduk menjauhi pasangan pun bisa merupakan bentuk protes atau tetap teguh pada pendirian. Perpecahan yang terjadi bisa lebih serius saat masing-masing duduk dengan posisi kaki menyilang saling berjauhan. 

5. Bersandar atau memeluk pasangan di salah satu sisi sofa

Bersandar atau berpelukan bisa menandakan kedekatan. Barnett mengatakan ada energi dari dua orang yang mampu menguasai ruangan. 

"Orang yang berada di pojok sofa menunjukkan kepercayaan diri dan kekuatan dalam hubungan," katanya.

6. Berpelukan di tengah

Posisi berpelukan di tengah bisa dilihat sebagai posisi yang paling disukai karena menunjukkan kesetaraan dan nuansa keintiman. Posisi ini kerap ditemukan pada pasangan baru yang masih hangat-hangatnya. 

"Jika kepala pasangan bersandar satu sama lain, ini mengindikasikan koneksi secara fisik dan emosional," imbuh Barnett. 

7. Bersandar dengan kaki ditekuk

Posisi ini mirip dengan posisi duduk di salah satu sudut sofa. Salah satu digambarkan sebagai yang lebih kuat sementara yang lain lebih cenderung mengalah. Namun jika kaki ditekuk bisa menandakan ada rasa tidak aman. 

"Posisi ini kadang terlihat jika salah satu merasa tidak aman (insecure) dalam hubungan, karena itu mereka mengadopsi posisi janin," ujar Barnett. (els/chs)