Kini Turis Indonesia Bisa Urus Visa Elektronik ke Korsel

CNN Indonesia | Kamis, 27/06/2019 14:11 WIB
Kini Turis Indonesia Bisa Urus Visa Elektronik ke Korsel Pemandangan Sungai Han di Korea Selatan. (AFP PHOTO / Ed JONES)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Korea Selatan pada tahun ini akhirnya memberikan kemudahan visa kunjungan kepada turis Indonesia.

Dikutip dari keterangan resmi dari Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia yang diterima pada Kamis (27/6), kemudahan pengurusan visa yang bisa dinikmati turis Indonesia berupa pengajuan grup visa secara online (Electronic Group Visa) dan visa berkelompok (Group Visa).

Electronic Group Visa ini akan mulai dilaksanakan pada 28 Juni 2019. Turis wajib memegang paspor Indonesia dan jumlah turis yang mengajukan dalam satu kelompok minimal lima orang.



Kelompok turis yang sudah mendaftarkan diri juga wajib memiliki jadwal pulang dan pergi yang sama, rencana kunjungan yang sama, serta terbang dengan maskapai yang sama.

Untuk Electronic Group Visa, pemohon memiliki tujuan untuk wisata insentif perusahaan atau karya wisata sekolah sampai jenjang universitas.

Secara garis besar pengajuan visa kategori ini bertujuan untuk memajukan industri Meeting, Incentive Travel, Convention, Exhibition (MICE) di Negara Ginseng.

Selain melalui pusat pengajuan visa di Jakarta, pengurusan Electronic Group Visa bisa dilakukan melalui 44 agen wisata resmi yang sudah ditunjuk oleh pemerintah Korea.

Sistem online tentu saja memudahkan turis Indonesia di luar Jakarta, karena mereka tak perlu jauh-jauh datang ke ibu kota untuk mengajukan visa tipe ini.

Informasi mengenai daftar puluhan agen wisata itu bisa diketahui melalui situs https://www.visa.go.kr/

Beberapa diantaranya ialah Panorama, Golden Rama, Dwidaya, Astrindo, Bayu Buana, Avia Tour, Anta Tour, Kia Tours, dan Smailing Tour.

Yang lebih memudahkan, pemerintah Korea Selatan membebaskan pelampiran dokumen keuangan saat mengajukan Electronic Group Visa. Seperti yang diketahui bersama, pelampiran dokumen keuangan merupakan mimpi buruk saat mengajukan visa bagi sebagian besar turis.

Lama proses Electronic Group Visa diperkirakan sekitar tiga hari setelah pengajuan.


Lalu ada Group Visa, yang ditujukan bagi kelompok turis yang ingin datang ke Korea Selatan dengan tujuan berwisata.

Sama seperti Electronic Group Visa, visa kategori ini juga memiliki jumlah minimal pemohon dalam satu pengajuan, yakni lima orang.

Kelompok turis yang sudah mendaftarkan diri juga wajib memiliki jadwal pulang dan pergi yang sama, rencana kunjungan yang sama, serta terbang dengan maskapai yang sama.

Pemerintah Korea Selatan juga membebaskan pelampiran dokumen keuangan saat mengajukan Group Visa.

Pengajuan Group Visa bisa dilakukan di Korea Visa Application Center (KVAC) di Lotte Shopping Avenue lantai 5, Jakarta.

Sementara itu pengambilan visa dilakukan di Kedutaan Besar Republik Korea.

Lama proses Group Visa diperkirakan sekitar tiga hari setelah pengajuan.

Sistem Group Visa ini akan mulai dilaksanakan pada 19 Juli 2019.

Hingga saat berita ini diterbitkan, belum diketahui lebih lanjut mengenai biaya pengajuan Electronic Group Visa maupun Group Visa.


[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)