Hubungan Asma dan Maag Seperti yang Dialami Wali Kota Risma

tim, CNN Indonesia | Senin, 01/07/2019 15:41 WIB
Hubungan Asma dan Maag Seperti yang Dialami Wali Kota Risma Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendapatkan perawatan intensif di ruang Intensive Care Unit (ICU) karena didiagnosis dokter menderita asma dan maag akut. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendapatkan perawatan intensif di ruang Intensive Care Unit (ICU) karena didiagnosis dokter menderita asma dan maag akut. 

Komplikasi asma dan maag akut yang diderita Risma bukanlah penyakit yang berdiri sendiri. Dua penyakit ini memang sejak dulu memiliki hubungan kuat. 

Penelitian menunjukan lebih dari 75 persen pasien asma juga menderita penyakit asam lambung seperti GERD dan juga maag. 


Orang dengan asma dua kali lebih mungkin menderita penyakit asam lambung dibandingkan orang yang tidak memiliki asma. Orang yang memiliki asma kronis, parah, dan resistan terhadap pengobatan, juga kemungkinan besar menderita penyakit berkaitan dengan asam lambung.


Meskipun penelitian mendapati hubungan kuat antara asma dan penyakit asam lambung, hubungan pasti dari dua penyakit ini tidak diketahui secara pasti. 

Penyakit asam lambung diketahui dapat memperburuk asma. Di sisi lain, asma dan beberapa obat asma juga diketahui dapat memperburuk gejala penyakit asam lambung. 

Dikutip dari situs kesehatan Cleveland Clinic, ada beberapa asumsi dan kemungkinan penyakit asam lambung dan asma dapat terjadi bersamaan. Salah satu kemungkinannya adalah aliran asam ketika maag terjadi menyebabkan cedera pada lapisan tenggorokan, saluran udara dan paru-paru, membuat inhalasi menjadi sulit, dan menyebabkan batuk. 

Kemungkinan lain adalah saat asam lambung naik dan mencapai kerongkongan, menyebabkan saluran udara menyempit sehingga menyebabkan sesak napas. 

Sejumlah obat tersedia untuk menangani komplikasi asma dan maag ini. Umumnya dokter akan terlebih dahulu menangani gejala asam lambung yang kemudian akan berangsur meringankan gejala asma. 


Dikutip dari Web MD, obat yang tersedia meliputi jenis antasida untuk mentralkan asam di perut, H2 blocker untuk menghambat produksi asam, dan inhibitor pompa proton untuk mengurangi produksi asam.

Pada kasus Wali Kota Risma, saat ini dia mendapatkan perawatan dengan menggunakan alat bantu pernapasan dan sonde atau pipa makanan. Dia diperkirakan dirawat di ICU hingga sepekan kedepan. (ptj/chs)