Bandung Gelar Parade Asia-Afrika Akhir Pekan Ini

CNN Indonesia | Jumat, 28/06/2019 15:17 WIB
Bandung Gelar Parade Asia-Afrika Akhir Pekan Ini Bandung Tour on The Bus (Bandros) mengikuti parade dalam karnaval asia afrika di Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, pada 2018. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kota Bandung akan menggelar Asia Afrika Festival (AAF) pada Sabtu (29/6) yang diisi dengan parade dari berbagai kota dan negara sahabat di sepanjang Jalan Asia-Afrika. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Dewi Kaniasari mengatakan, festival diawali dengan historical walk (jelajah sejarah) dari Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, menuju Palestine Walk tepat berada di depan Alun-alun Bandung.

Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.00-10.00 WIB.



"Di lokasi tersebut, para peserta akan melepas burung merpati sebagai simbol perjuangan rakyat Palestina," kata Dewi pada Jumat (28/6).

Selanjutnya, pada pukul 10.00-12.00 WIB, digelar parade dari kota/kabupaten dan negara sahabat. Parade berlangsung di sepanjang Jalan Asia-Afrika yang akan ditutup sementara.

Sebanyak 19 negara sahabat bakal memeriahkan AAF 2019, antara lain, Jepang, Maroko, Tunisia, Sudan, Aljazair, Ethiopia, Irak, Palestina, Mozambik , Zimbabwe, Nigeria, Myanmar, Libia, Laos, Afganistan, Kuwait, Mesir dan Afrika Selatan.

Dewi mengatakan, usai parade para peserta akan city tour (tur keliling kota), di antaranya mengunjungi Rupa Rupi Handycraft market Jalan Cicadas, Saung Mang Udjo dan berakhir di Kiara Artha Park daerah Kiaracondong.

Lalu pada Minggu (30/6) rombongan berkunjung ke Batik Komar di Cigadung dan menuju Stasiun Bandung untuk pulang ke Jakarta.

"Peserta yang mengikuti sekitar 40 grup dari luar negeri juga Jabar dan kota di Indonesia. Dengan total 1.000 orang berpartisipasi pawai nanti," kata Kenny.


Beberapa lokasi dan ruas jalan yang akan digunakan untuk acara festival ini adalah Jalan Asia Afrika, Tamblong, Braga, Alun-alun Timur dan Cikapundung Barat.

Mengingat acara AAF akan dihadiri ribuan orang, maka bagi warga sebaiknya menghindari ruas jalan tersebut. Selanjutnya situasi lalu lintas akan kondisional atau menyesuaikan kondisi lalu lintas nantinya.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengajak masyarakat turut memeriahkan segudang rangkaian guna memperingati Konferensi Asia Afrika ke-64 tersebut.

"Mari sukseskan festival sambil mengajak keluarga, sanak saudara untuk menyaksikan pertunjukkan tahunan yang menarik dalam memperingati Konferensi Asia Afrika ke-64," kata Oded.

Iia juga menyarankan masyarakat yang hendak menyaksikan acara tersebut untuk menggunakan kendaraan umum guna mengurangi kemacetan yang terjadi selagi acara berlangsung.

"Jangan bawa kendaraan pribadi, bawa botol minum yang bisa diisi ulang dan bawa kantong sampah sendiri," imbaunya.


[Gambas:Video CNN]

(hyg/ard)