Agar Miss V Tak Berbau Seperti 'Ikan Asin'

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 29/06/2019 16:16 WIB
Agar Miss V Tak Berbau Seperti 'Ikan Asin' ilustrasi. (Merry Wahyuningsih)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa waktu belakangan, sebuah video pernyataan soal 'bau ikan asin' dari selebriti Galih Ginanjar menjadi viral.

'Bau ikan asin' yang dimaksud mantan suami Fairuz A. Rafiq ini merujuk pada aroma miss V atau vagina.

Miss V atau vagina merupakan organ intim perempuan. Pada dasarnya, aroma yang kurang sedap pada vagina yang tidak biasa terjadi dari waktu ke waktu bahkan saat sudah terawat dengan baik. Yang tidak normal adalah bau yang persisten atau kuat.


Vagina sebenarnya membersihkan dirinya secara alami. Vagina memiliki bau alami yang berbeda-beda setiap wanita. Siklus menstruasi dapat menyebabkan miss V beraroma seperti logam. Hubungan seksual juga dapat mengubah bau miss V sementara waktu. 


Jika bau vagina sudah terlampau kuat dan berlebihan, bisa jadi pertanda masalah. Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini agar miss V tidak bau.

1. Handuk kecil dan sabun
Bersihkan bagian luar vagina secara teratur dengan handuk kecil dan sabun yang lembut. Pilihlah sabun dengan pH netral. Jangan gunakan sabun berpewangi atau pencuci badan. Wewangian dan bahan kimia lain dapat mengganggu pH alami vagina. 

Pembersihan ini dapat menghilangkan kulit mati, keringat, dan kotoran pada miss V. 

2. Ganti celana dalam
Dikutip dari Health Line, bau pada miss V juga dapat disebabkan oleh bahan celana dalam. Jika biasa menggunakan celana berbahan satin, sutra, atau poliester, cobalah mengganti bahan celana dalam menjadi katun.

Bahan katun dapat membuat sirkulasi udara lebih lancar serta menghilangkan keringat dan cairan dari tubuh. Kelembaban yang berlebihan akibat bahan celana dalam dapat mengganggu bakteri alami di vagina.


3. Minyak esensial
Penelitian menunjukkan tea tree oil atau minyak esensial lainnya dapat menghilangkan bau vagina. Minyak esensial ini memiliki sifat antimikroba dan antijamur alami yang dapat  membantu mengurangi dan menghilangkan bakteri.

Cara menggunakannya, pertama campur beberapa tetes tea tree oil dengan air. Lalu oleskan satu atau dua tetes ke bagian luar vagina. Ulangi hal ini selama tiga hingga lima hari. 

Jika gejala membaik atau memburuk, hentikan penggunaan.

4. Cuka apel
Bau miss V juga bisa disebabkan oleh mandi air panas karena dapat mengganggu pH alami. Agar tidak mengganggu pH vagina, tuangkan satu atau dua sari cuka apel ke dalam air hangat untuk berendam.

Cuka secara alami dapat mengurangi bakteri penyebab bau.

5. Makanan
Dikutip dari Flo, jenis makanan tertentu dapat memperburuk bau vagina. Kurangi konsumsi bawang, brokoli, asparagus, rempah-rempah dan kopi untuk mengurangi bau dari vagina. Konsumsi daging, produk susu, dan alkohol juga dapat membuat bau Miss V menjadi lebih tajam.

Sebaiknya, konsumsi aneka buah sitrus seperti jeruk dapat menyamarkan wangi miss V. (ptj/chs)