Cara Kreatif Memanfaatkan Sampah Botol Plastik

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/07/2019 03:39 WIB
Cara Kreatif Memanfaatkan Sampah Botol Plastik Ilustrasi botol plastik (Foto: Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anda akan merasa segar saat meneguk air yang ada di dalamnya. Tapi, saat air dalam botol plastik itu telah habis, apakah Anda akan membuangnya begitu saja?

Botol plastik menjadi salah satu penyumbang terbesar sampah yang mengambang bebas di lautan. Betapa tidak, gaya hidup manusia zaman kiwari yang serba praktis membuat penggunaan botol sekali pakai itu tak dapat dihindari.

Bumi kian tak lestari karena sampah plastik. Daratan, lautan, bahkan udara tercemari oleh partikel-partikel paling kecil yang belum rampung terurai. Tak main-main, partikel bernama mikroplastik itu juga dianggap dapat mengancam kesehatan manusia.

Daripada merugikan alam atau bahkan diri sendiri, ada baiknya jika Anda mulai berpikir untuk memanfaatkan sampah botol plastik yang digunakan.

Sampah botol plastik bisa menjadi apa saja. Beragam cara bisa dipilih untuk menggunakan kembali botol. Berikut beberapa ide yang bisa Anda coba.

Ecobrick
Ecobrick jadi cara paling populer bagi orang-orang yang ingin mendaur ulang sampah. Tren ecobrick di dunia melonjak dalam beberapa tahun ke belakang karena gerakan masyarakat yang tak ingin lingkungannya tercemar.

Secara harfiah, 'ecobrick' berarti 'bata ramah lingkungan'. Bata ini bisa menjadi alternatif untuk berbagai keperluan pembangunan, salah satunya sebagai bahan baku furnitur.

Ecobrick adalah botol plastik yang diisi oleh sampah dengan padat. Caranya mudah. Anda tinggal membiarkan botol plastik mengering. Isi botol dengan sampah hingga penuh. Usahakan tak ada rongga dalam botol yang tak terisi.

Kumpulkan botol plastik yang telah terisi sampah. Setelah terkumpul banyak-atau setidaknya sesuai dengan kebutuhan pembuatan, ecobrick siap digunakan.

Pot tanaman
Sama seperti ecobrick, cara ini juga kian populer belakangan. Penggunaan botol plastik sebagai pot bisa jadi salah satu solusi pengurangan sampah.

Potong botol menjadi dua bagian. Gunakan potongan bagian bawah botol sebagai pot. Atau, sebagai pilihan bentuk lain, cukup bolongi salah satu bagian samping botol dengan cutter. Isi pot dengan tanah atau media tanam lain bersamaan dengan tanaman yang Anda inginkan.

Agar lebih menarik, memulas atau melukis pot botol plastik bisa jadi pilihan.

Pot botol plastik juga bisa digunakan bagi Anda yang ingin membuat taman vertikal di dinding rumah. Bolongi beberapa bagian pot botol plastik dengan paku. Setelahnya, Anda tinggal gantung pot botol plastik dengan tali.

Lampu hias
Cara satu ini cocok bagi Anda yang senang bermain-main dengan cahaya. Siapa sangka botol plastik bekas bisa menjadi lampu hias.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan lampu hias dari botol plastik. Cara pembuatan bisa dipilih sesuai selera.

Ilustrasi kreasi botol plastikIlustrasi kreasi botol plastik (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)

Yang paling sederhana, gunakan botol plastik bekas untuk lampu gantung. Potong botol menjadi dua bagian. Untuk lampu, gunakan potongan bagian atas beserta leher pada ujung botol.

Agar lebih menarik, gunakan botol plastik berwarna seperti botol minuman bersoda. Ini dilakukan untuk memberikan efek warna pada lampu. Pilihan lain, Anda juga bisa menghias penutup lampu dengan tempelan benang atau tali rapia warna-warni. Oleskan lem pada botol plastik yang telah terpotong, kemudian lilit dengan benang atau tali rapia.

Pasang lampu yang sudah terpasang dengan kabel di dalam botol. Jangan gunakan lampu LED agar plastik tak meleleh akibat terlalu panas.

Wadah serbaguna
Rumah kerap dipenuhi oleh berbagai barang. Banyak dari kita terkadang lupa untuk menyimpannya dengan rapi. Daripada dibiarkan berserakan, lebih baik taruh barang-barang tersebut pada wadah.

Tak perlu membeli, wadah bisa Anda buat sendiri dengan bahan dasar botol plastik bekas. Ini menjadi cara paling mudah untuk memanfaatkan ulang sampah botol plastik.

Anda hanya perlu memotong botol plastik dengan bentuk sesuai selera. Jika perlu, pulas botol plastik dengan cat akrilik agar lebih menarik.

Setelah selesai, Anda bisa menggunakannya untuk wadah serbaguna. Anda bisa menjadikannya sebagai tempat pinsil, wadah koin, wadah koleksi lipstik, dan masih banyak lagi.

Dompet
Sampah botol plastik juga bisa berguna menjadi dompet yang bisa Anda bawa sehari-hari. Gunakan dompet botol plastik untuk menyimpan uang koin.

Siapkan dua botol bekas. Potong botol menjadi dua bagian. Siapkan potongan botol plastik bagian bawah sebagai dompet.

Selanjutnya, sambung kedua bagian bawah botol yang telah terpotong itu bersamaan dengan resleting menggunakan benang. Jahit hingga kedua bagian menyambung. Gunakan jarum berukuran kecil agar ketajaman jarum dapat menembus plastik.

Tas sampah portable
Apa salahnya menggunakan botol plastik bekas untuk menampung sampah? Gunakan potongan botol plastik menjadi tempat sampah portable yang bisa dibawa ke mana-mana.

Cara ini bisa dipilih bagi Anda yang gemar bepergian. Daripada membuang sampah sembarangan, ada baiknya jika Anda menyiapkan tempah sampah portable.

Potong botol plastik menjadi dua bagian. Tutup botol yang telah terpotong dengan menggunakan karet balon dan bolongi bagian tengah. Bolong pada bagian tengah karet balon digunakan sebagai celah untuk menaruh sampah.

Agar mudah dibawa ke mana-mana, bolongi kedua sisi bagian atas botol plastik. Sambungkan tali tambang ke dalamnya. Tempat sampah portable bisa diselempangkan begitu saja layaknya tas.

Masih banyak lagi cara lain untuk memanfaatkan kembali botol plastik. Pada dasarnya, botol bekas bisa menjadi apa saja. Selain barang-barang di atas, Anda juga bisa menggunakan kembali botol plastik menjadi kanopi, rak piring basah, shower kamar mandi, dan masih banyak lagi. Tinggal bagaimana Anda berkreasi untuk meraciknya. Selamat mencoba!

[Gambas:Video CNN]


(asr/asr)