Menunggu 'Wajah Baru' Situ Bagendit

CNN Indonesia | Senin, 01/07/2019 10:00 WIB
Menunggu 'Wajah Baru' Situ Bagendit Ilustrasi situ. (Foto: Farhan Yunas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabupaten Garut, Jawa Barat, merupakan daerah yang terkenal dengan objek wisata menarik, tak heran setiap musim libur akhir pekan maupun hari raya sering ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, terutama dari Bandung, Jakarta dan kota sekitarnya.

Banyak objek wisata yang menjadi favorit wisatawan dan sudah terkenal yakni pemandian air panas di Cipanas Garut, ada juga objek wisata alam lainnya seperti gunung aktif, air terjun, pantai dan danau alami.

Salah satunya adalah wisata danau bernama Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi atau kawasan utara Garut yang dapat ditempuh kendaraan bermotor kurang lebih 20 menit dengan akses jalan cukup lebar dan bagus.


Objek wisata danau Situ Bagendit tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan saat musim libur, bahkan sejumlah pejabat negara pernah sengaja berkunjung untuk menikmati keindahan alam wisata Situ Bagendit.

Salah satunya adalah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada awal tahun 2019. Dalam kunjungannya presiden menyampaikan dukungannya untuk mengembangkan objek wisata danau tersebut agar bisa lebih banyak diminati dan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Bahkan upaya mendorong objek wisata di Jabar, khususnya di Garut, Presiden sempat menyampaikan janjinya untuk masyarakat Garut tentang reaktivasi jalur rel kereta api di Garut, khusus rel itu saat ini sudah mulai tahap pembangunan oleh PT Kereta Api Indonesia.

Mengutip Antara, Senin (1/7), reaktivasi rel kereta api itu bagian untuk menunjang sektor pariwisata di Garut, salah satunya wisata Situ Bagendit agar banyak pengunjung yang bisa datang dengan akses transportasi mobil maupun kereta api.

Untuk menunjukkan keseriusannya, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran sebesar Rp100 miliar ditambah dari Pemerintah Provinsi Jabar sebesar Rp30 miliar yang ditargetkan tahun 2020 sudah tampak perubahan pada wisata danau itu.

Janji pemerintah pusat itu tentu dinanti-nanti masyarakat Garut yang ingin melihat perubahan Situ Bagendit setelah diperhatikan oleh Presiden Jokowi dengan harapan memberikan dampak positif untuk masyarakat, terutama dalam menumbuhkan perekonomian.

Kepala Desa Banyuresmi, Ahmad Hidayat, yang ikut serta dalam mengelola objek wisata Situ Bagendit mengungkapkan, program pemerintah pusat yang akan membenahi Situ Bagendit itu merupakan suatu hal yang diharapkan warga Banyuresmi agar lebih bagus, nyaman dan menarik.

"Memang program membangun Situ Bagendit ini sangat diidamkan masyarakat Banyuresmi karena akan memberikan dampak yang sangat menguntungkan bagi masyarakat," kata Ahmad.

Ahmad menilai Situ Bagendit sudah seharusnya ditata sehingga memiliki daya tarik yang membuat pengunjung merasa nyaman dalam menikmati keindahan danau dan alam sekitarnya.

Ia berharap, sarana dan prasarana lain untuk wisata alam itu yakni adanya tempat penginapan berkonsep alami untuk wisatawan yang ingin bermalam menikmati keindahan danau dan alam yang masih asri.

[Gambas:Video CNN] (ANTARA/agr)