Ciudad Perdida, Kota yang Lebih Purba dari Machu Picchu

CNN Indonesia | Senin, 01/07/2019 14:12 WIB
Ciudad Perdida, Kota yang Lebih Purba dari Machu Picchu Ciudad Perdida di Kolombia. (Foto: Istockphoto/Petra Kosonen)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah bukan rahasia jika Machu Picchu dikenal sebagai sebuah lokasi yang menjadi tujuan wisatawan di seluruh dunia. Bekas permukiman purba yang terletak di pegunungan dalam hutan Peru ini, bahkan sudah mengantisipasi gejala overtourism.

Namun di dunia ini tidak hanya ada Machu Pichu saja, sebuah tempat di Kolombia bernama Ciudad Perdida rupanya jauh lebih tua dan tersembunyi.

Mengutip CNN Travel, Senin (1/7), Cuidad Perdida terletak di pedalaman hutan kawasan pegunungan Sierra Nevada de Santa Marta.


Diperkirakan kota ini dibangun oleh suku Tairona, lebih dari 1.000 tahun yang lalu atau lebih tua 600 tahun ketimbang Machu Picchu. Namun Ciudad Perdida baru ditemukan pada tahun 1970-an.

Untuk menuju tempat ini, jangan pernah berharap akses yang mudah seperti kereta api menuju Machu Picchu karena satu-satunya jalan adalah menembus hutan belantara dengan berjalan kaki selama berhari-hari.

Tentu saja hal ini bisa terdengar menyenangkan atau justru sebaliknya, tergantung karakter orang yang ingin ke sana.

Untuk menuju ke tempat ini, wisatawan harus didampingi oleh pemandu yang sudah memiliki lisensi. Sementara itu mencari pemandu yang berlisensi caranya cukup mudah karena mereka sudah bisa diakses melalui situs.

Perjalanan di mulai dari sebuah kota kecil bernama Mamey. Dari tempat ini, pengunjung harus naik kendaraan selama dua jam melalui jalur pesisir Kolombia. Setelah itu petualangan dimulai.

Jalur yang harus dilalui sepanjang 47 kilometer, tentunya dengan berbagai rintangan, mulai dari nyamuk, tingkat kelembaban yang tinggi, cuaca khas negara tropis, dan binatang buas.

Dengan banyaknya rintangan yang harus dilalui, maka jangan pernah menyepelekan peran pemandu berlisensi di sini.

Namun semua halangan itu akan terbayar seiring dengan pemandangan di perjalanan dan lokasi tujuan utama. Satu hal yang perlu diingat jika ingin mengunjungi tempat ini adalah jangan merusak atau mengambil apapun.

[Gambas:Video CNN] (agr)