Nostalgia Ralph Rucci Buka Paris Couture Week 2019

CNN Indonesia | Senin, 01/07/2019 18:12 WIB
Nostalgia Ralph Rucci Buka Paris Couture Week 2019 Peragaan koleksi Ralph Rucci dengan labeb RR31 dalam Paris Couture Week 2019. (Foto: Dokumen RR331)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pagelaran Paris Couture Week 2019 untuk Musim Dingin 2019/2020 dibuka dengan kembalinya Ralph Rucci ke dalam kalender resmi. Dia kembali dengan label anyarnya bernama RR31.

Ralph Rucci adalah satu-satunya couturier asal Amerika Serikat sejak Mainbocher membuka rumah modenya di Paris pada 1929 silam. Rucci sempat getol menggelar peragaan haute couture di Paris sepanjang 2002 hingga 2007.

Rucci mulai sibuk membuat persiapan untuk kembali ke panggung Eropa setelah berbulan-bulan berkomunikasi dengan Fédération de la Haute Couture et de la Mode, sebuah badan pemerintahan Prancis yang mengatur daftar dan persetujuan rumah couture yang masuk dalam kalender.

Setelah keluar dari label eponimnya pada tahun 2014, Rucci memilih kembali ke Paris untuk menampilkan karya-karya couture-nya di salah satu lokasi yang memiliki nilai nostalgia baginya di Paris, Hotel Ritz.

Rucci mendedikasikan koleksinya untuk Elsa Peretti. Peretti diketahui turut terlibat dengan mendesain Minaudieres (tas malam berukuran kecil) berbahan emas dan anyaman untuk melengkapi koleksinya.

Koleksi anyar Ralph Rucci dengan label RR31 dalam Paris Couture Week 2019.Koleksi Ralph Rucci dengan label RR31 dalam Paris Couture Week 2019. (Foto: Dokumen RR331)

Sebanyak 34 look ditampilkan dalam peragaan. Karya-karyanya didominasi oleh gaun malam, mantel, serta blouse-on.

Rucci menggunakan bahan kasmir double-faced hampir di setiap tampilan. Nama terakhir merupakan bahan kasmir dengan 'dua wajah' yang lembut di kedua sisinya. Ini adalah material paling mahal dan mewah yang dihadirkan. Ada pula bulu sable Barguzin, sutera, tule infanta, gazar, serta beludru.

Dalam koleksinya, Rucci menghadirkan siluet dan filosofi ala Cristobal Balenciaga sebagai couturier ternama yang dikaguminya. Tengok saja hiasan dan lipit dengan jahitan yang hampir tidak kentara, penciptaan ruang antara pakaian dan kulit sang pemakai melalui alur jahitan yang tidak awam, serta pentingnya kombinasi potongan dan bahan yang menghasilkan siluet dari sedikit mungkin jahitan.

Nostalgia Ralph Rucci Buka Paris Couture Week 2019Koleksi Ralph Rucci dengan label RR31 dalam Paris Couture Week 2019. (Foto: Dokumen RR331)

Terpengaruhnya Rucci oleh Balenciaga, membuat keseluruhan koleksinya terkesan bak busana para ruhbanat yang puitis.

Kembalinya sang maestro couture asal AS ini terbilang senyap. Tak banyak promosi dan basa basi. Nyaris tak ada pengumuman soal kembalinya Rucci ke Paris Couture Week.

[Gambas:Video CNN]


(fas)