6 Tips Mengurus Paspor Anak

CNN Indonesia | Rabu, 03/07/2019 13:06 WIB
6 Tips Mengurus Paspor Anak Ilustrasi. (Istockphoto/AaronAmat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Langkah membuat paspor anak sebenarnya hampir sama dengan paspor dewasa. Tarifnya pun sama, baik untuk paspor biasa dan elektronik.

Sebelum datang, pastikan menghubungi kantor imigrasi terdekat untuk mengetahui pembaharuan syarat yang diberlakukan.

Selain surat kelahiran anak dan kartu keluarga, yang juga perlu diperhatikan ialah surat identitas orangtua seperti E-KTP dan buku nikah. Jika orangtua bercerai maka wajib menyertakan akta perceraian.



Kedua orangtua wajib hadir saat hari pembuatan paspor di kantor imigrasi. Kalau salah satu tak bisa hadir maka wajib membuat surat pernyataan bermaterai Rp6000.

Setelah mengumpulkan berkas penting, segera lakukan pendaftaran melalui aplikasi Layanan Paspor Online resmi.

Kantor imigrasi sudah pasti sibuk dan ramai setiap harinya. Agar anak tetap kooperatif saat diajak membuat paspor, berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan:

1. Jangan mendadak

Buatlah paspor dari jauh hari agar jika ada kekurangan dokumen masih bisa diperbaiki sebelum waktu keberangkatan.

2. Fotokopi dan materai

Bawa fotokopi berkas yang dibutuhkan dengan ukuran A4.

Kalau lupa membawa fotokopi atau materai, kantor imigrasi juga menyediakannya, namun harganya lebih mahal sedikit dibandingkan di luaran.

3. Tersenyum dan rapi

Ceritakan kepada anak bagaimana suasana pembuatan paspor di kantor imigrasi sejak dari rumah, sehingga ia tidak gugup saat sesi wawancara, pengambilan foto, atau pengambilan biometrik. Sampaikan dengan bahasa yang mudah dimengertinya.

Latih anak untuk tersenyum demi foto paspor yang layak.

Kenakan anak baju berkerah selain warna putih untuk keperluan foto.

4. Mainan dan camilan

Bawa mainan dan camilan kesukaan anak sehingga ia tidak kebosanan saat menunggu antrean pembuatan paspor.

Tak perlu membawa makanan atau minuman yang merepotkan mengingat akan ada banyak orang di dalam kantor imigrasi yang juga butuh tempat duduk untuk menunggu.


5. Datang siang

Antrean paspor di pagi hari biasanya lebih ramai dibandingkan siang hari, sehingga sebaiknya datang bersama anak pada saat tersebut.

6. Cari informasi

Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai cara pembuatan paspor anak melalui kantor imigrasi terdekat sehingga mengetahui syarat dan informasi terkini.

Tak perlu menggunakan jasa calo untuk mengurus paspor, karena jika sabar dan teliti paspor dengan mudah sudah di tangan.

6 Tips Mengurus Paspor Anak(CNN Indonesia/Fajrian)


[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)