Toko Retail Jepang Bungkus Makanan dengan Plastik Biomassa

CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 10:35 WIB
Toko Retail Jepang Bungkus Makanan dengan Plastik Biomassa Ilustrasi (Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak pihak menginginkan agar bumi tetap lestari. Pencemaran lingkungan membuat sejumlah toko retail telah mencoba menanggalkan penggunaan plastik untuk kemasan.

Plastik umumnya digantikan oleh kemasan berbahan dasar tanaman. Namun, toko satu ini menggantinya dengan kemasan berbahan dasar plastik biomassa.

Penggunaan kemasan plastik biomassa itu dilakukan oleh toko retail 7-Eleven Jepang. Toko menjual rice-ball yang dibungkus dengan plastik berbasis biomassa. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik berbahan dasar fosil.


Ide berawal dari banyaknya perusahaan yang mulai menggunakan kemasan berbahan dasar tanaman. Hal tersebut dilakukan seiring dengan seruan Pemerintah Jepang untuk mengurangi limbah plastik demi mencegah pencemaran lingkungan yang diakibatkan.

Mengutip Japan Times, dengan mengganti bahan dasar pembungkus, 7-Eleven Jepang memprediksi dapat mengurangi penggunaan plastik sebesar 260 ton.

Kemasan plastik berbasis biomassa ini sebenarnya bukan barang baru bagi 7-Eleven Jepang. Sejak 2017, mereka telah mencoba membungkus onigiri jenis hand-rolles dengan plastik biomassa.

Tak hanya onigiri, toko ini juga akan membungkus rotinya dengan kemasan plastik biomassa.

Gaya hidup mengurangi penggunaan plastik tengah marak belakangan. Selain 7-Eleven Jepang, sejumlah toko retail lain juga telah melakukan hal yang sama. FamilyMart, misalnya, yang mengganti wadah mi dengan kemasan yang terbuat dari plastik daur ulang.

[Gambas:Video CNN] (nad/asr)