Daftar Sayur dan Buah yang Paling Terkontaminasi Pestisida

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/07/2019 11:56 WIB
Daftar Sayur dan Buah yang Paling Terkontaminasi Pestisida Ilustrasi (Foto: olgakr/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak perlu diragukan lagi, sayuran dan buah-buahan merupakan asupan yang kaya nutrisi dan bermanfaat untuk tubuh. Namun, kini Anda mesti berhati-hati karena banyak sayur dan buah yang terkontaminasi bahan kimia pestisida.

Environmental Working Group belum lama ini merilis daftar sayur dan buah yang paling terkontaminasi residu pestisida. Kandungan pestisida dalam sayur dan buah ini berjumlah tinggi. Penelitian ini menganalisis data dari pengujian produk reguler Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk membunuh hama berupa tanaman, serangga, maupun hewan lain di lingkungan. Pestisida bermanfaat untuk menjaga kondisi pertanian tetap terlindungi. Tapi di sisi lain, zat kimia dalam pestisida pada tanaman dapat berbahaya bagi tubuh.

Dikutip dari CNBC, daftar sayur dan buah paling terkontaminasi pestisida adalah stroberi, bayam, nektarin, apel, anggur, persik, ceri, pir, tomat, seledri, kale, dan kentang.

Ini merupakan kali pertama kale masuk dalam daftar tersebut sejak 2009. Kale merupakan sayuran yang termasuk dalam golongan keluarga kubis, brokoli, dan kembang kol.

"Kami terkejut kale memiliki begitu banyak pestisida di dalamnya, tetapi hasil tes membuktikannya," kata ahli toksik dari Environmental Working Group Alexis Temkin dalam sebuah pernyataan dikutip dari CNBC.

Data menunjukkan, lebih dari 92 persen kale memiliki residu pestisida yang ditemukan saat mengupas dan juga mencucinya. Hampir 60 persen kale juga menunjukkan sisa Dacthal, pestisida yang dikenal sebagai karsinogen atau pemicu kanker pada manusia.

Pestisida membantu melindungi tanaman dari serangga, gulma, dan infeksi, tetapi penelitian menunjukkan korelasi antara bahan kimia dan komplikasi kesehatan.

Environmental Working Group juga merilis daftar 15 sayur dan buah yang memiliki residu pestisida paling sedikit atau paling bersih. Yaitu alpukat, jagung manis, nanas, kacang polong beku, bawang, pepaya, terong, asparagus, kiwi, kubis, kembang kol, cantaloupes, brokoli, jamur, dan melon madu.

Pelanggan disarankan untuk membeli produk organik untuk menghindari pestisida.

[Gambas:Video CNN]


(ptj/asr)