Studi Ungkap Laut Bikin Tubuh Lebih Sehat

Tim, CNN Indonesia | Senin, 29/07/2019 05:30 WIB
Studi Ungkap Laut Bikin Tubuh Lebih Sehat Ilustrasi (Foto: adamkontor/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pantai jadi salah satu destinasi favorit untuk menghabiskan waktu liburan. Pemandangan laut berwarna biru, siraman sinar matahari, dan bonus kesegaran kelapa muda bisa jadi sarana relaksasi.

Bukan tanpa alasan seseorang merasa relaks saat berkunjung ke pantai. Studi terbaru menemukan alasan ilmiah di balik hal tersebut. Menghabiskan waktu di 'area biru' seperti pelabuhan, garis pantai, dan pantai berhubungan dengan kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik.

Studi yang diinisiasi oleh Chinese University of Hong Kong (CUHK) dan University Exeter, Inggris ini melakukan survei pada seribu orang. Responden merupakan pengunjung pusat screening kanker di Sha Tin, Hong Kong. Sebanyak 80 persen di antaranya berusia 50 tahun ke atas.

Peneliti mengajukan pertanyaan tentang kebiasaan pengaruh dari kebiasaan mereka mengunjungi laut. Hasilnya, mereka menemukan kontak dengan 'area biru' memberikan manfaat kesehatan dan kesejahteraan pada orang-orang dari beragam usia.

"Kami membuktikan bahwa pelabuhan Hong Kong, pantai, dan 'area biru' alami bisa menjadi sumber kesehatan publik yang penting," ujar salah satu peneliti dari University of Exeter, Jo Garett, mengutip South China Morning Post.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Health and Place ini, peneliti menyarankan untuk setidaknya mengunjungi pantai selama satu jam. Semakin tinggi aktivitas di 'area biru', semakin tinggi pula kesejahteraan individu.

Kendati demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hubungan antara laut dan kesehatan publik tersebut. Pemimpin studi dari CUHK, Profesor Martin Wong meyakini, 'area biru' memainkan peranan pada perencanaan dan pengembangan kota.

"Studi ini bisa membantu dan mendorong orang untuk mengoptimalkan potensi pengalaman mereka dengan lingkungan seperti laut," ujar Wong.

[Gambas:Video CNN]


(els/asr)