FOTO: Babilonia Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO

REUTERS, CNN Indonesia | Sabtu, 06/07/2019 17:29 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- UNESCO menetapkan Babilonia sebagai salah satu situs warisan dunia.

UNESCO menetapkan Babilonia atau Babel di kawasan Mesopotamia, Irak, sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Keputusan diambil setelah proses pemungutan suara yang dilakukan pada Jumat (5/7). (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
Situs Babilonia, kata UNESCO, terlihat sangat rentan. Perlu segera dilakukan konservasi untuk strukturnya yang berada di ambang runtuh. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
Selama tiga dekade, Irak berupaya memasukkan Babilonia sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
“Mesopotamia benar-benar pilar ingatan umat manusia dan tempat lahirnya peradaban dalam sejarah yang tercatat,” ujar Perdana Menteri Irak, Adel Abdul Mahdi, melansir Reuters. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
Setelah penetapan ini, pemerintah Irak akan mengalokasikan dana untuk menggencarkan upaya konservasi. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
Sejak awal abad ke-19, sejumlah arkeolog Eropa berusaha menggali kawasan tersebut untuk menemukan artefak-artefak yang ada di dalamnya. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
Babilonia terletak dengan membelah Sungai Efrat, sekitar 100 kilometer arah selatan Baghdad. Kota ini merupakan pusat Kerajaan Babel Kuno yang berusia lebih dari 4 ribu tahun. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
Kawasan ini dikenal dengan deretan menara dan kuil. Taman-taman gantungnya adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
Pengunjung dapat berjalan melalui sisa-sisa bangunan bata dan tanah liat yang membentang sepanjang 10 kilometer dengan lansekap Gerbang Ishtar. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)