4 Cara Membantu Orang dengan Serangan Migrain

Tim, CNN Indonesia | Senin, 29/07/2019 19:09 WIB
4 Cara Membantu Orang dengan Serangan Migrain Ilustrasi (Foto: lannyboy89/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Migrain muncul tiba-tiba dan sering kali menyerang orang di sekitar kita. Diperlukan tindakan cepat untuk membantu seseorang yang terserang migrain untuk menekan keparahan.

Migrain merupakan sakit kepala yang disertai dengan rasa nyeri berdenyut pada satu sisi. Migrain juga dikenal dengan nyeri kepala sebelah.

Berikut lima cara yang dapat dilakukan untuk membantu orang yang migrain, dikutip dari Time.

1. Jangan anggap remeh gejala migrain
Jangan menganggap gejala migrain merupakan sakit kepala biasa. Penderita migrain dapat merasakan sakit kepala yang luar biasa dan juga diikuti dengan gejala lain.

"Ketika seseorang menderita migrain, mereka memiliki gejala terkait lainnya. Selain hanya sakit kepala, kadang-kadang pasien dapat mengalami mual, muntah, sensitivitas cahaya atau suara. Ini sangat melelahkan," kata ahli neurologi Lauren Green.

Oleh karena itu, seseorang yang menghadapi orang dengan migrain diharapkan untuk tidak menyepelekan gejala yang muncul. Hal ini dapat membuat penderita marah dan memperburuk gejala migrain.

2. Membantu
Cobalah untuk membantu dan memberi dukungan pada para penderita migrain. Mengajak mereka untuk berpikir positif dan mengatakan kondisi mereka akan segera membaik adalah cara tepat untuk membantu orang migrain.

"Anda tidak bisa menekankan berapa besar rasa sakitnya karena Anda tak tahu, kecuali Anda juga pernah mengalami migrain. Anda tidak tahu persis apa yang mereka alami, tetapi Anda masih bisa mengatakan kepada mereka untuk tetap kuat," kata ahli neurologi dari University Langone Health Lawrence Newman.

3. Atasi migrain
Alih-alih menawarkan saran medis yang belum terbukti, dengarkan apa yang diperlukan oleh penderita migrain dan dokter sebagai langkah terbaik. Orang yang mengalami migrain umumnya sudah memiliki obat yang mereka gunakan untuk mengatasi rasa sakitnya.

Bagi orang yang baru mengalami migrain, sebaiknya tunggu hingga migrain hilang, lalu sarankan mereka untuk mencari pengobatan.

Perlu diketahui, sebagian besar migrain tak mendapatkan pengobatan dan pencegahan yang baik. Kebanyakan pasien masih bergantung pada obat yang dijual bebas.

4. Perhatikan lingkungan
Migrain sering kali dipicu oleh rangsangan lingkungan seperti lampu yang terang, suara keras, dan makanan tertentu. Anda dapat membantu penderita untuk melacak penyebab migrain tersebut. Sarankan mereka untuk menghindari faktor pemicu.

"Jika orang tersebut memiliki sensitivitas cahaya dan suara, jangan menggedor-gedor rumah," kata Newman.

[Gambas:Video CNN]


(ptj/asr)


BACA JUGA