Rekomendasi Makanan buat Penderita Asam Urat

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/07/2019 14:46 WIB
Rekomendasi Makanan buat Penderita Asam Urat Ilustrasi (Foto: Pexels)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernah mengalami rasa sakit tiba-tiba pada sendi? Bisa jadi ini merupakan gejala asam urat. Sederet makanan ramah penderita asam urat bisa membantu mengatasi gejala tersebut.

Dalam dunia medis, penyakit asam urat disebut juga artritis gout. Penyakit timbul saat kadar asam urat tinggi dalam darah.

Asam urat merupakan sampah sisa pengolahan makanan oleh tubuh. Sekian jenis makanan perlu dihindari agar kadar asam urat terjaga seperti organ-organ hewan mamalia, ikan, makanan laut, serta makanan bergula.

Untuk mengatasi gejala asam urat, hindari beberapa makanan berikut.

1. Pisang
Penderita asam urat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tidak banyak mengandung purin. Nama terakhir merupakan komponen alami yang dimiliki beberapa jenis makanan. Tubuh akan memproduksi asam urat saat memecah purin.

Salah satu buah rendah purin adalah pisang. Komponen dalam pisang dapat menurunkan kadar asam urat.

Selain pisang, penderita asam urat juga disarankan untuk mengonsumsi ceri dan jenis beri. Buah-buahan ini mengandung komponen antiinflamasi sehingga mencegah asam urat mengkristal.

2. Tomat
Sayuran perlu rutin dikonsumsi agar tubuh mendapatkan nutrisi lengkap. Beberapa sayuran seperti tomat, mentimun, dan brokoli sebaiknya dikonsumsi sebelum menyantap menu utama.

Cara ini bisa mencegah pembentukan asam urat pada aliran darah. Ketiganya mengandung alkali alami sehingga baik untuk mengontrol kadar asam urat.

3. Susu
Semua produk susu seperti yogurt dan keju baik dikonsumsi penderita asam urat. Pilih produk susu rendah lemak (low fat). Susu jenis ini membawa lebih banyak manfaat dan mampu menurunkan kadar asam urat.

4. Kopi
Kopi tak berlaku buruk bagi penderita asam urat. Beberapa riset mengindikasikan, orang yang terbiasa meminum kopi berisiko lebih rendah memproduksi asam urat berlebih.

Studi pada 2010 menemukan bahwa risiko asam urat terus menurun seiring meningkatnya konsumsi kopi.

Perempuan yang minum 1-3 cangkir kopi per hari berhasil menurunkan risiko sebesar 22 persen. Sedangkan perempuan yang meminum lebih dari 4 cangkir kopi mengalami penurunan risiko sebesar 57 persen.

5. Kacang-kacangan
Makanan untuk penderita asam urat termasuk pula kacang-kacangan. Bahan makanan satu ini rendah kadar puring sehingga aman dikonsumsi sebagai camilan.

Kacang pinto adalah salah satu jenis kacang yang mengandung folic acid, yang mampu menurunkan kadar asam urat secara alami.

6. Biji-bijian
Biji-bijian banyak mengandung alkali alami yang baik untuk mengontrol kadar asam urat dalam darah. Biji-bijian yang direkomendasikan termasuk oat, beras merah, barley, dan biji bunga matahari.

7. Telur
Telur bisa dimasukkan sebagai makanan penderita asam urat. Telur termasuk makanan yang rendah kandungan purin sehingga tubuh masih bisa memperoleh protein hewani.

Meski rendah purin, Anda disarankan untuk mengonsumsi empat butir telur dalam sepekan.

[Gambas:Video CNN]


(els/asr)