Model Potongan Rambut Wanita Sesuai Bentuk Wajah

tim, CNN Indonesia | Selasa, 06/08/2019 19:57 WIB
Model Potongan Rambut Wanita Sesuai Bentuk Wajah Gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajah penting untuk diketahui saat akan memotong rambut. (Foto: Istockphoto/LightFieldStudios)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penampilan, tak terkecuali gaya rambut, jadi salah satu penentu kepercayaan diri wanita. Sebab tak bisa dimungkiri impresi pertama terbentuk dari penampilan, termasuk gaya rambut. Salah memilih model potongan rambut bisa mengurangi kepercayaan diri.

Mengikuti gaya potongan rambut disertai menjalani beragam perawatan ala salon lumayan merogoh kocek. Jika salon tidak memberikan hasil yang diinginkan, selain rupiah melayang, kepercayaan diri ikut tumbang. 

Maka dari itu, sebelum memutuskan mengganti gaya rambut, para wanita perlu mengetahui model potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah agar dapat menonjolkan kelebihan diri.



Melansir Vogue Italia, penata rambut untuk Compagnia della Bellezza dan L'Oreal Professionnel Salvo Filetti menjelaskan pentingnya gaya potongan rambut wanita sesuai dengan bentuk wajah, seperti memberikan kesan postur tubuh lebih tinggi dan langsing.

"Menarik untuk diketahui, rumus 'apel dengan apel', yakni kesan tubuh kecil tidak bisa dipaksakan (dengan model potongan rambut minimalis)," ujar Salvo Filetti menjelaskan perihal pentingnya memperhatikan kesesuaian model potongan rambut.

Untuk mengatasi salah gaya rambut, langkah pertama adalah mengenali tipe bentuk wajah. Pada dasarnya, wajah bisa berbentuk oval, bulat, kotak, dan diamond.

Lalu, pilih model potongan rambut yang sesuai untuk mengesankan postur ideal. Berikut model potongan rambut yang cocok untuk masing-masing bentuk wajah agar semakin menonjolkan kelebihanmu.

1. Bentuk wajah oval

Potongan rambut dengan poni cocok dengan bentuk wajah oval atau lonjongPotongan rambut dengan poni cocok dengan bentuk wajah oval atau lonjong (Foto: Istockphoto/ASashka)

Pada bentuk oval, wajah cenderung melonjong vertikal. Menurut situs SheKnows, kening pada wajah oval cenderung lebih lebar daripada dagu. Kira-kira, panjang wajah 1,5 kali lebar wajah ke samping.

Bagi Anda dengan tipe wajah oval, Anda beruntung! Semua model potongan rambut cocok bagi Anda. Artinya, kecil kemungkinan model rambut tidak cocok dengan karakter wajah.

Baik model potongan rambut panjang, pendek, berponi, belah tengah, hingga belah samping pun aman untuk dipilih. Sisanya, tinggal bagaimana Anda merawat kesehatan rambut.

Penting untuk diingat, kesehatan selalu yang utama. Penampilan yang baik tak akan sempurna bila tidak disertai sehat luar dan dalam.
Rekomendasi model: semua model cocok untuk Anda!

2. Bentuk wajah bulat
Model Potongan Rambut Wanita Sesuai Bentuk Wajah [EBG]Model potongan rambut berlapis cocok untuk Anda yang memiliki wajah bulat. (REUTERS/Danny Moloshok)


Pada bentuk wajah bulat, pipi cenderung lebar. Ukuran panjang wajah atas ke bawah biasanya tidak beda jauh dengan lebar wajah ke samping. Untuk Anda dengan tipe wajah bulat, baiknya memilih model potongan rambut yang menutupi sedikit bagian samping wajah, tak lain untuk memberikan kesan muka yang lebih panjang.

Misalnya, dengan menggunakan poni samping, atau bisa juga potongan rambut berlapis yang biasa disebut model layer.

Namun, tidak perlu menutupi pipi dengan untaian poni. Memaksa menutupi pipi justru memberikan kesan wajah lebih lebar. Sebagaimana yang dikatakan Salvo Filetti untuk tidak perlu memaksakan agar model rambut sesuai dengan bentuk wajah.

Supaya tak memberikan kesan wajah tambah lebar, pastikan rambut lebih panjang dari dagu Anda.
Rekomendasi model: layer (berlapis), shaggy panjang, short pixie cut.



3. Bentuk wajah kotak

Model Potongan Rambut Wanita Sesuai Bentuk Wajah [EBG]Ilustrasi rambut lurus panjang sesuai dengan bentuk wajah kotak (Foto: JKModel/morgueFile)

Pada bentuk wajah kotak, rahang cenderung menonjol dan terkesan kaku bersudut. Lebar bagian atas wajah (kening) cenderung sama dengan lebar bagian bawah wajah.

Untuk Anda dengan tipe wajah kotak, baiknya Anda memilih model rambut panjang, terlebih pada bagian samping agar sisi wajah agar lebih terdefinisi, namun tidak terkesan kaku. Perihal poni, Anda bebas memilih model belah tengah atau belah samping. Namun agar sisi wajah terkesan tidak kaku, usahakan memilih poni panjang.

Hindari model rambut yang terlalu pendek, terutama model tomboi agar rahang dan sisi samping wajah tidak terkesan kaku dan terlalu tegas.
Rekomendasi model: poni samping, rambut lurus dengan layer panjang, part in the middle (belah tengah).

4. Bentuk wajah diamond
Model Potongan Rambut Wanita Sesuai Bentuk Wajah [EBG]

Mirip
dengan bentuk wajah oval, ukuran kening cenderung lebih lebar dibandingkan dagu pada wajah diamond. Bedanya, rahang dan tulang pipi pada wajah diamond cenderung lebih tegas.

Untuk Anda dengan tipe wajah diamond, Anda memiliki banyak pilihan model rambut yang aman. Artinya, tidak ada model tertentu yang menonjolkan kesan pada bentuk wajah.

Baiknya, Anda memilih model potongan rambut melengkung ke dalam dengan panjang sepipi hingga sebahu untuk membentuk kesan pipi lebih berisi.

Jika tipe rambut Anda ikal dan mengembang, baiknya Anda hanya melakukan perawatan agar rambut senantiasa lembap dengan ikal yang terdefinisi. Anda bisa membiarkannya terurai dengan panjang sepipi hingga sebahu.

Hindari model rambut yang terlalu pendek (tomboi) atau terlalu bervolume. Model rambut yang sangat pendek membuat wajah terlihat panjang dan bersudut kaku. Rambut bervolume membuat wajah terlihat kecil, disebabkan ukuran rambut yang lebih besar dibandingkan lebar wajah.

Rekomendasi model: bohemian waves, classic curl, high ponytail.

Nah, jika sudah tahu karakter muka sendiri, tak sulit lagi menentukan potongan rambut wanita yang cocok dengan bentuk wajah. Salah potong atau salah gaya rambut nggak mungkin terjadi lagi.

(vid/fef)