Sneakers Berbahan Plastik Daur Ulang

nad, CNN Indonesia | Jumat, 09/08/2019 08:40 WIB
<i>Sneakers</i> Berbahan Plastik Daur Ulang Ilustrasi (Foto: greyerbaby/morgueFile)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsep eco fashion semakin mencuri perhatian banyak orang. Gaungnya terdengar di mana-mana mengatasnamakan bumi yang lestari.

Tak sedikit produk fesyen yang mencoba mengadaptasi konsep berkelanjutan tersebut. Mulai dari pewarna kain yang berasal dari bahan-bahan alami, menyetop penggunaan bulu hewan asli, hingga sepatu berbahan plastik daur ulang.

Teranyar, sepatu berbahan dasar plastik daur ulang ditelurkan oleh Converse, salah satu label raksasa sneakers. Mengutip Wired, dalam setiap pasang sneaker seri Chuck Taylor, tersimpan 11 botol plastik yang telah didaur ulang.


Selain daur ulang botol plastik, sepatu juga dibuat dengan bahan dasar kain denim atau jin bekas. Ada pula sepatu berbahan potongan-potongan kain yang sudah tak terpakai seperti dari sweater, gaun, bahkan kaus.

Sebelumnya, sejumlah merek raksasa seperti Adidas dan Nike telah berkomitmen untuk mengusung konsep eco fashion. Nike berkomitmen untuk mengurangi limbah pembuatan produk dan Adidas berencana menggunakan bahan plastik daur ulang pada 2024 mendatang.

"Dunia telah diramaikan dengan berita-berita tentang sampah botol plastik di negara-negara berkembang," ujar Kepala Laboratorium Inovasi Converse, Brandon Avery.

Avery mengatakan, limbah dapat menjadi pekerjaan bagi komunitas-komunitas masyarakat tertentu. Limbah juga bisa menciptakan kehidupan anyar dengan lahirnya produk baru yang berasal darinya.

Konsep fesyen berkelanjutan menjadi topik yang ramai diperbincangkan belakangan. Semakin banyak perusahaan fesyen yang mengubah rantai pasokan bahan dengan mengurangi dampak lingkungan.

[Gambas:Video CNN] (asr)