Yang Bisa Dilakukan saat Pasangan Kecanduan Gadget

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 09/07/2019 13:46 WIB
Yang Bisa Dilakukan saat Pasangan Kecanduan <i>Gadget</i> Ilustrasi (Foto: Brodie Vissers via StockSnap)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kencan seharusnya jadi waktu yang berkualitas bersama dengan kekasih. Namun, belakangan kencan kerap terganggu oleh kehadiran gawai. Banyak pasangan kecanduan gadget, bahkan saat tengah menghabiskan waktu berdua.

Mulai dari melihat media sosial hingga bermain gim, gawai seolah tak bisa dipisahkan dari genggaman pujaan hati.

Namun, bukan berarti gawai harus merampas kebahagiaan bersama pasangan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan saat pasangan kecanduan gadget.


1. Matikan telepon pintar
Buatlah kesepakatan untuk saling mematikan telepon pintar saat sedang bersama, misalnya pada momen makan malam dan nonton. Mulai-lah terlibat dalam percakapan dari hati ke hati dan habiskan waktu bersama dengan pasangan tanpa gawai.

Jika tak ingin mematikan telepon sepenuhnya, cukup matikan notifikasi pesan dan juga media sosial agar tak mengganggu waktu berdua.

2. Bermain
Ada banyak hal yang dapat dilakukan tanpa gawai, misalnya bermain ular tangga atau permainan papan lainnya yang menyenangkan. Pilih permainan yang membutuhkan pemikiran atau strategi agar tetap menstimulus otak dan membuat hubungan lebih intens.

3. Kegiatan luar ruangan
Pilih aktivitas yang dapat dilakukan bersama dan jauh dari gangguan gawai. Misalnya, berolahraga di luar ruangan seperti berlari, berenang, atau bahkan hiking. Kegiatan di luar ruangan membutuhkan banyak fokus sehingga mesti meninggalkan gawai sejenak.

4. Menggunakan gawai bersama
Dikutip dari Bonobology, alih-alih meninggalkan gawai atau sibuk sendiri, ada baiknya juga mencoba menggunakan gadget bersama. Misalnya, menonton bersama melalui gadget atau bahkan bermain gim bersama.

Namun, tetapkan batas waktu saat bermain dengan gadget dan segera pilih aktivitas lain saat sudah tidak menggunakannya.

5. Meminta bantuan profesional
Saat pasangan kecanduan gadget dan sulit dipisahkan dengan cara apapun, serta sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, cobalah untuk mencari bantuan profesional. Kecanduan gadget yang sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari dapat digolongkan sebagai salah satu gangguan mental.

Meminta bantuan profesional seperti psikiater akan membantu menyelesaikan kecanduan gadget dengan langkah yang tepat.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)