Trending Store, Toko Barang-barang 'Ngetren' di Media Sosial

tim, CNN Indonesia | Selasa, 09/07/2019 17:27 WIB
Trending Store, Toko Barang-barang 'Ngetren' di Media Sosial ilustrasi toko (REUTERS/Shailesh Andrade)
Jakarta, CNN Indonesia -- Media sosial kini menjadi patokan dalam banyak hal. Apa lagi dengan adanya fitur trending topic yang semakin memudahkan netizen mengetahui apa yang sedang tren saat ini. 

Fitur ini kemudian dimanfaatkan oleh sebuah toko di Westfield, London, Inggris untuk menjual barang-barang berupa produk fesyen dan mode yang sedang populer di dunia maya.

Gerai yang diberi nama The Trending Store ini menyediakan 100 buah produk paling populer setiap harinya di media sosial. Barang-barang ini otomatis akan diperbaharui setiap harinya tergantung yang sedang populer pada hari itu.


Kepopuleran sebuah produk itu dilacak menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) dari NextAtlas. Kecerdasan buatan itu akan melacak lebih dari 400 ribu influencer mode di 1.000 kota di dunia untuk mencari tahu pakaian dan aksesoris yang sedang populer hari itu. Mulai dari atasan, celana, luaran, rok, dan produk mode lainnya yang sedang populer ada di toko ini.


Sekelompok tim stylist dari The Trending Store akan mencari 100 barang teratas rekomendasi AI itu untuk dijajakan di Trending Store, di Westfield.

Trending Store ini dibuka lantaran banyak pembeli yang berpatokan pada barang-barang yang digunakan oleh influencer di media sosial.

"Secara online, pembeli terinspirasi oleh influencer dan terbiasa dipandu oleh AI, dengan produk yang disajikan berdasarkan perilaku mereka," kata kepala marketing Westfield Myf Ryan, dikutip dari Metro.

Trending Store ini dianggap sebagai cerminan produk yang sedang populer di dunia maya.

"Biasanya, apa yang ada di media sosial tidak diterjemahkan ke ruang ritel fisik, namun, bekerja dengan analis data, NextAtlas, kami dapat membawa produk yang sedang tren ke pembeli secara nyata," kata Ryan. (ptj/chs)