Empat Snack yang 'Tak Haram' Dimakan Malam Hari

tim, CNN Indonesia | Senin, 15/07/2019 16:24 WIB
Snack atau makanan ringan jadi salah satu makanan yang terlarang di malam hari. Namun ternyata tak semua snack itu haram dimakan malam hari. Ilustrasi alpukat (skeeze/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Snack atau makanan ringan jadi salah satu makanan yang paling dilarang dimakan di malam hari. Mengonsumsi snack di malam hari dapat meningkatkan berat badan dan berisiko terhadap sejumlah penyakit. 

Namun ternyata ada beberapa jenis snack yang boleh dimakan di malam hari saat tubuh memberontak kelaparan. Tentu saja bukan snack yang mengandung banyak lemak, gula, dan garam. Melainkan, makanan ringan yang sehat dan bergizi sehingga tak meningkatkan berat badan.

Berikut sejumlah snack yang boleh dimakan di malam hari.


1. Cokelat hitam
Di malam hari sering kali tubuh menginginkan rasa manis. Cokelat hitam dengan kandungan 70 persen, bukan yang mengandung susu atau gula, dapat memuaskan rasa lapar ini. Cokelat hitam kaya akan antioksidan dan flavanoid yang baik untuk tubuh.


Ahli nutrisi dari Cleveland Clinic Wellness, Erin Coates menyarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari satu ons cokelat hitam di malam hari. Cokelat hitam ini dapat pula dicampur dengan aprikot kering yang juga kaya akan antioksidan. Buah aprikot kering juga memiliki melatonin, hormon yang dapat membantu mengatur siklus tidur.

2. Yogurt
Yogurt juga baik dikonsumsi di malam hari. Yogurt kaya akan bakteri yang membantu memperlancar pencernaan. Kombinasikan sekitar enam ons yogurt dengan setengah buah pisang dan beri kayu manis bubuk. 

Pisang mengandung banyak kalium dan magnesium, jenis mineral yang dapat melemaskan otot-otot sehingga dapat membuat tidur lebih pulas di malam hari.

3. Alpukat
Rasa manis dari buah alpukat juga dapat dikonsumsi sebagai snack di malam hari. Alpukat mengandung banyak lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah ini juga memiliki nutrisi berupa magnesium dan triptofan yang membantu tidur lebih berkualitas.

4. Mentega almond
Satu sendok makan mentega almond dapat menjadi pilihan camilan di malam hari. Almond juga mengandung hormon melatonin yang baik untuk tubuh.

"Almond adalah sumber alami hormon melatonin yang mengatur tidur, serta lemak sehat untuk menghilangkan rasa lapar Anda," kata Erin kepada Pop Sugar.


Hindarilah snack yang berminyak, berlemak tinggi seperti makanan yang digoreng, daging olahan, dan makanan penutup untuk dikonsumsi di malam hari. Makanan-makanan ini dikaitkan dengan obesitas dan banyak beragam penyakit seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

(chs/chs)