Cara Ampuh Tangkal Uban

tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 14:25 WIB
Cara Ampuh Tangkal Uban ilustrasi uban (Pixabay/LisaRedfern)
Jakarta, CNN Indonesia -- Uban menjadi salah satu tanda penuaan yang terlihat di rambut.

Namun sebenarnya, uban bukan hanya disebabkan karena usia tua, tapi juga alasan lain. Oleh karena itu, Anda yang masih muda pun kerap kali diserang uban.

Hal Ini bisa terjadi karena stres, kekurangan asupan vitamin dan mineral serta kebiasaan tak sehat termasuk merokok. 


Ada beragam cara menangkal uban secara alami. Anda bisa mencoba secara topikal maupun mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan rambut. 


1. Keramas dengan teh hitam

Ada sisa seduhan teh semalam? Jangan buru-buru dibuang. Apalagi jika ini seduhan teh hitam. Melansir dari Stylecraze, teh hitam menutrisi rambut dengan antioksidan dan membantu mencegah pertumbuhan uban. Teh hitam pun membuat hitam makin berkilau. 

Caranya mudah. Gunakan seduhan teh untuk memijat kulit kepala dan diamkan selama satu jam. Kemudian cuci rambut seperti biasa. 

2. Minyak kelapa plus lemon

Perpaduan minyak kelapa dan perasan lemon bisa jadi cara menangkal ampuh menangkal uban.

Siapkan dua sendok teh perasan lemon dan dua sendok makan minyak kelapa. Sebelum digunakan, hangatkan terlebih dahulu campuran minyak kelapa dan perasan lemon. 

Gunakan untuk memijat kulit kepala kemudian pada helai-helai rambut. Diamkan selama 30 menit lalu cuci rambut dengan sampo. Lemon mengandung vitamin B dan C plus kaya akan fosfor. Nutrisi ini vital untuk menjaga kesehatan sel pigmen pada folikel rambut.

Sebenarnya minyak kelapa bisa digunakan secara terpisah untuk mengatasi uban. Gunakan untuk memijat kulit kepala dan ratakan pada rambut sebelum tidur. Cuci rambut ketika bangun keesokan hari. 


3. Asupan antioksidan

Asupan makanan seseorang turut mempengaruhi kondisi rambut termasuk pertumbuhan uban. Penting untuk memasukkan menu makanan dengan antioksidan untuk mencegah oksidasi akibat radikal bebas. 

Anda bisa mengonsumsi buah dan sayuran segar, teh hijau, minyak zaitun dan berbagai jenis ikan. 

4. Almond

Cara menangkal uban yang juga ampuh adalah dengan ngemil. Namun pilihan camilannya berupa kacang almond. Almond bisa mencegah uban karena membantu meningkatkan kadar katalase tubuh. Enzim ini mengubah hidrogen peroksida menjadi oksigen 'jinak' dan air. 

Saat usia bertambah tua, produksi katalase menurun sehingga bisa timbul uban. Sebaiknya pilih almond organik untuk manfaat maksimal. 

5. Cukup asupan cairan

Saat Anda sudah merasa cukup nutrisi tubuh tetapi uban tetap muncul atau malah bertambah banyak, maka ada yang perlu dievaluasi. Cek lagi asupan air putih dalam sehari. 

Sebaiknya Anda cukup terhidrasi karena jika tidak nutrisi-nutrisi penting tak akan sampai pada folikel rambut.  (els/chs)