5 Resep Oat Enak dan Praktis untuk Sarapan

tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 22:55 WIB
5 Resep Oat Enak dan Praktis untuk Sarapan ilustrasi oat (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Untuk mendapatkan tubuh sehat, maka Anda harus mendapat asupan makanan yang sehat pula.

Salah satu makanan sehat yang bisa disantap setiap pagi adalah oat.

Oat banyak mengandung serat, vitamin dan mineral. Konsumsi oat pun bisa membantu menjaga kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme.


Sayangnya, beragam manfaat ini rupanya tak sejalan dengan rasanya. Oat yang hambar dan lembek membuat banyak prang tak terlalu menyukainya. Akan tetapi, agar tersaji lebih lezat dan bernutrisi, ada beberapa ide olahan oat yang bisa dicoba. 

1. Oat dengan pisang

Anda bisa menyantap sarapan yang penuh nutrisi dengan oat bercampur pisang. Siapkan oat, air, susu (sebaiknya low fat), madu, pisang dan beri. 

Terlebih dahulu masak oat hingga memperoleh tekstur yang diinginkan. Oat yang sudah matang, tunggu hingga dingin baru campur dengan susu dan madu. Terakhir beri potongan pisang dan buah beri. 


2. Omelet oat

Oat pun bisa dipadukan dengan telur. Siapkan dua butir telur, dua sendok teh oat, daun bawang atau daun ketumbar, tomat, jahe, garam dan lada. 

Pertama panggang oat lalu hancurkan. Kemudian kocok oat bersama telur, potongan daun bawang, potongan tomat, jahe, garam dan lada. 

3. Oat dengan alpukat

Sering sarapan dengan roti bakar, telur dan alpukat? Coba sesekali ganti roti bakar dengan oat. Cukup masak oat dan air lalu dinginkan. 

Setelah itu, taruh poached egg alias telur rebus dan irisan alpukat. Untuk menambah citarasa, taburi dengan garam dan lada. 

4. Pancake oat

Tak ada salahnya menyisipkan oat dalam adonan pancake. Buat adonan pancake seperti biasa dengan bahan susu, telur, pisang, madu dan sedikit kayu manis. Ganti tepung dengan oat yang sudah dimasak. Panggang dan sajikan dengan sirup maple.


5. Oat kocok

Minuman kocok atau shake cocok buat Anda yang ingin sarapan praktis dan cepat. Cukup blender dua sendok teh oat, satu buah pisang, satu buah apel yang sudah dipotong-potong, madu, kayu manis bubuk dan segelas susu. Campur hingga halus dan minuman siap dinikmati. 


(els/chs)