Mahasiswa Menggemuk pada Tahun Pertama Kuliah

nad, CNN Indonesia | Senin, 15/07/2019 11:00 WIB
Gaya hidup baru yang dilakoni pada tahun pertama kuliah membuat mahasiswa kerap mengalami kenaikan berat badan. Ilustrasi (Foto: StartupStockPhotos/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memasuki masa kuliah turut membawa perubahan fisik tubuh. Gaya hidup baru yang dilakoni tak sedikit membuat berat badan bertambah.

Penelitian anyar menemukan bahwa berat badan pria di tahun pertama kuliah dapat bertambah hingga dua kali lipat dibandingkan perempuan. Gara-garanya adalah kehidupan yang lebih bebas dengan konsumsi makanan tak sehat dan minuman keras.

Sebagian besar mahasiswa pria mengalami kenaikan berat badan sekitar 3,6 kilogram pada tahun pertama kuliah. Sementara perempuan hanya mengalami peningkatan hingga 1,8 kilogram.


Penelitian dilakukan terhadap 301 mahasiswa tahun pertama di Brock University, Kanada. Peneliti mengukur berat badan pada awal dan akhir tahun ajaran. Mahasiswa juga dimintai keterangan tentang makanan apa saja yang dikonsumsi selama enam bulan terakhir.

Hasilnya, sebagian besar mahasiswa akan mengalami kenaikan berat badan pada tahun pertama. Studi sebelumnya pada 2015 lalu juga menemukan 60 persen mahasiswa baru akan mengalami peningkatan berat badan sebesar 3,4 kilogram.

Ahli kesehatan dari York University, Kanada, Andrea Jose mengaku tak mengerti apa yang menyebabkan kenaikan berat badan pria lebih tinggi daripada perempuan. Dia berspekulasi bahwa alkohol memengaruhi hal tersebut. Penelitian menemukan, pria mengonsumsi alkohol hampir dua kali lipat dibandingkan perempuan pada tahun pertama kuliah.

"Alkohol mungkin telah memainkan peran dalam kenaikan berat badan, terutama dengan bertambahnya massa lemak," kata Jose, melansir CNN.

Membuat program dan strategi untuk mempromosikan gaya hidup sehat, termasuk pola makan, olahraga, dan menghilangkan stres harus menjadi prioritas.

[Gambas:Video CNN] (asr)