Menikmati Sensasi Anti Gravitasi di Trans Studio Cibubur

CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 15:05 WIB
Menikmati Sensasi Anti Gravitasi di Trans Studio Cibubur Trans Studio Cibubur. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Trans Studio Cibubur kembali menghadirkan sensasi wahana yang ditujukan untuk memanjakan para pengunjungnya. Kali ini ada sebuah wahana yang sangat mengoptimalkan teknologi, yang bernama Gravitron.

Di wahana ini, gravitasi bumi seakan tidak berfungsi. Tentu ini adalah hal yang sangat menantang untuk para pecandu 'kerusuhan' adrenain.

Namun bagi yang memiliki riwayat terhadap penyakit tertentu seperti hipertensi, asma, jantung, vertigo, sebaiknya urungkan niat mencoba wahana ini.


Saat akan menaiki wahana ini, semua barang wajib ditinggalkan mulai dari kacamata, handphone, kamera, sepatu, dan aksesoris yang mudah terlepas.

Hal ini dikarenakan di dalamnya para pengunjung akan diputar 360 derajat di dalam sebuah poros. Wahana gravitron ini berbentuk seperti poros tabung dengan kemiringan hampir 90 derajat yang bagian atasnya berdiameter lebar.



Pengunjung akan diperintahkan untuk berdiri menyender dengan kedua tangan yang direntangkan. Saat menaiki gravitron pengunjung harus fokus menatap satu titik di sebuah pilar kaca yang terletak di tengah-tengah poros tabung. Setelah semua pengunjung siap, tabung akan berputar 360 derajat.

Namun tak usah khawatir akan terlempar, karena saat dinding tabung ini berputar dengan kecepatan tinggi, gaya gravitasi pun berubah.

Gaya gravitasi di luar ruangan dan dalam ruangan akan terasa berbeda, seolah dinding yang jadi sandaran memiliki magnet, sehingga badan akan menempel pada dinding tabung. Itu sebabnya pengunjung akan menempel layaknya magnet sehingga tidak akan mungkin terlempar.

Namun di saat yang bersamaan, lantai yang menjadi pijakan akan turun ke bawah sehingga arena tabung Gravitron ini benar-benar seperti tabung tanpa alas. Niscaya jeritan pun akan membahana saat ini.



Petugas wahana gravitron mengatakan ketika dinding ini berputar tantangannya adalah mengganti posisi dengan melawan daya gravitasi yang diberikan. Namun daya magnet yang terdapat pada dinding begitu kuat, sehingga menggerakkan tangan seakan menjadi pekerjaan berat.

Menyikapi ujaran petugas wahana gravitron saya hanya sanggup membatin, "Memangnya ada orang yang terpikir mengganti posisi? Rasanya akan jauh lebih banyak yang sibuk menjerit tidak karuan dengan segala kepayahan yang tersisa."

Diputar dengan kecepatan tinggi tentu akan membuat kita pusing dan mual. Tapi ada solusi untuk mengatasi hal itu. Untuk menghindari mual dan pusing kita harus tetap menatap satu titik pada pilar kaca untuk menjaga kefokusan.



Namun jika sudah tidak kuat, pengujung bisa memberikan kode kepada petugas yang terdapat di lantai atas yang selalu memantau wahana ini. Maka wahana pun akan diberhentikan sesudah kode diberikan.

Bagi yang ingin membuktikan kemampuan dirinya sebagai 'penantang' gravitasi, segera kunjungi Trans Studio Theme Park Cibubur, yang akan dibuka besok, Jumat, 12 Juli 2018. Untuk menhindari antrean, tiket secara online bisa dibeli di www.transstudiocibubur.com.


[Gambas:Video CNN] (dib/agr)