Alternatif Pelumas Alami agar Aksi Ranjang Kian 'Licin'

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/07/2019 00:40 WIB
Alternatif Pelumas Alami agar Aksi Ranjang Kian 'Licin' Ilustrasi (Foto: Istockphoto/Denisfilm)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hubungan seks baiknya tidak menimbulkan cedera, terutama saat proses penetrasi. Salah satu cara untuk menghindari cedera adalah dengan menggunakan pelumas.

Beberapa pelumas kimia tersedia di pasaran. Namun, jika pelumas habis, Anda tak bisa sembarangan menggunakan zat lain untuk menggantinya. Pasalnya, sembarang pelumas bisa berujung pada organ intim wanita yang terluka.

"Membran mukus pada vagina lebih rapuh daripada kulit permukaan, dan lebih rentan juga terhadap iritasi," ujar seksolog Amy Levine, melansir Bustle.


Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba beberapa pelumas yang didapat dari bahan-bahan alam. Berikut bahan-bahan yang bisa dijadikan pelumas.

1. Aloe vera
Apoteker Joe Graedon mengatakan bahwa gel lidah buaya bisa dijadikan pelumas. Gel ini terbilang netral untuk semua jenis kulit, sehingga aman jika memapar area sekitar organ intim wanita.

Namun, terlebih dahulu pastikan lidah buaya benar-benar murni tanpa kandungan gula atau bahan sintetis.

Sebelum digunakan, gosok gel terlebih dahulu pada bagian siku. Cara itu dilakukan demi memastikan tak adanya alergi kulit terhadap lateks. Setelah dirasa aman, gel lidah buaya bisa digunakan sebagai pelumas.

2. Putih telur
Meski terkesan menjijikan, putih telur bisa digunakan sebagai pelumas secara aman tanpa menimbulkan efek samping

Sejumlah praktisi juga meyakini bahwa putih telur dapat digunakan saat proses persalinan.

3. Minyak kelapa
Mengutip Healthline, studi pada 2014 membuktikan penggunaan minyak kelapa secara klinis efektif sebagai pelembap. Komponen pelembap pada minyak kelapa membuatnya dapat berfungsi pula sebagai pelumas dan membantu penetrasi berjalan dengan baik.

Minyak kelapa juga baik digunakan untuk wanita yang telah memasuki masa menopause. Masa ini membuat organ intim mengering karena turunnya kadar hormon estrogen. Minyak kelapa membantu mengatasi kekeringan dan rasa sakit saat penetrasi.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)