Musim Panas di Mekah, Jemaah Calon Haji Wajib Jaga Kesehatan

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 13/07/2019 12:27 WIB
Musim Panas di Mekah, Jemaah Calon Haji Wajib Jaga Kesehatan Mekah (BANDAR ALDANDANI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musim naik haji sudah dimulai. Namun kali ini para jemaah calon haji akan berhadapan dengan musim panas di tanah suci Mekah.

Terkait hal ini Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi menganjurkan agar jemaah calon haji menjaga kesehatannya.

"Dianjurkan agar para jemaah calon haji  dapat menjaga kesehatannya dengan baik," kata Oscar, dalam sambutannya pada pemberangkatan 388 Jemaah Calon Haji  Kloter Pertama asal Kota Medan ke Mekkah dari Asrama Haji Medan dikutip dari Antara.


Untuk menjaga kesehatannya, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan istirahat yang cukup, menjaga perilaku hidup sehat, mencuci tangan dengan bersih, dan makan tepat waktu.


"Makanlah makanan yang bergizi, serta perbanyak minum, dan minimal 200 ml setiap dua jam," ujar Oscar.

Para jemaah juga sebaiknya berkoordinasi dengan petugas kesehatan haji dalam rombongan tersebut.

Serangan penyakit tak hanya berasal dari dalam diri, tapi juga dari faktor lingkungan. Pasalnya, ada banyak orang Di tanah suci Mekah itu, akan bertemu dengan jutaan jemaah haji dari seluruh dunia dan bertemu dengan orang banyak akan berisiko mudah tertular penyakit.

"Kita harus bisa beradaptasi dengan keadaan tersebut," ucap dia.

"Petugas kesehatan haji, juga ada dokter spesialis, ada poliknik dan ruang gawat darurat atau ICU," katanya.

Kloter pertama jemaah calon haji yang berasal Medan, tercatat sebanyak 388 orang, ditambah sembilan petugas haji daerah dan pusat. Dari jumlah 388 JCH tersebut, terdiri dari 140 pria dan 244 wanita.

(antara/chs)