Boneka Jokowi Laris Jadi Oleh-oleh di Rusia

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Minggu, 14/07/2019 13:28 WIB
Boneka Jokowi Laris Jadi Oleh-oleh di Rusia Matryoshka Presiden Indonesia yang dijual di Moskow, Rusia. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Moskow, CNN Indonesia -- Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Moskow tak membeli buah tangan sebagai kenang-kenangan dan pengingat telah berkunjung ke negara Kremlin ini.

Pasar yang terkenal dengan souvenir untuk berburu oleh-oleh khas Rusia di Moskow bagi sebagian besar pelancong adalah Pasar Izmailovsky di Izmailovo yang letaknya cukup jauh dari pusat kota Moskow.

Jika malas untuk melakukan perjalanan jauh ke kawasan Izmailovo, pilihan lainnya adalah Arbat Street yang berada di kawasana Arbatskya dan bisa ditempuh menggunakan Moscow Metro.



Sepanjang jalan, pelancong akan disuguhi dengan toko-toko yang menjajakan berbagai pernak-pernik khas Rusia. Tak lain dan tak bukan adalah boneka kayu beranak matryoshka.

Matryoshka berupa boneka kayu yang berisi boneka kecil sampai besar. Boneka yang paling khas bermotif perempuan dengan pakaian khas Rusia.

Di Arbat Street, boneka ini banyak dijajakan, harganya beragam tergantung dengan ukuran dan jumlah boneka di dalamnya.

Tak hanya boneka matryoshka, pernak-pernik lainnnya khas Rusia banyak dijajakan, seperti ushanka (topi bulu), gantungan kunci bergambar bendera Rusia, hingga kaos bergambar Presiden Rusia Vladimir Putin.


Yang menarik, di Arbat bisa ditemukan matryoshka Presiden Indonesia. Di badan boneka kayu ini digambar foto Presiden Joko Widodo, kemudian jika dibelah akan muncul boneka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pun begitu terus berlanjut hingga boneka paling bontot yakni Presiden Soekarno.

Jangan takut akan terkendala bahasa, karena sebagian besar pedagang di Arbat Street lancar berbahasa Inggris, mereka juga bisa memberi diskon kepada pelancong jika memborong banyak barang.

Bahkan di beberapa toko, selain memberi diskon dan potongan harga, mereka juga memberi satu batang coklat Rusia secara cuma-cuma.

Di Arbat Street pelancong tak hanya dipuaskan dengan wisata belanja, pasalnya di sepanjang jalan Arbat banyak musisi dan seniman yang mempertontonkan keahliannya.

Maka ketika bosan atau capek berbelanja mata bisa dimanjakan dengan pemampilan dari para musisi jalanan sambil minum kopi atau makan hot dog.


[Gambas:Video CNN]

(ard)