Waktu Tepat Berwisata ke Moskow

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Minggu, 14/07/2019 17:21 WIB
Waktu Tepat Berwisata ke Moskow Ilustrasi. (Sergey Kustov via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0))
Jakarta, CNN Indonesia -- Turis yang berasal dari negara tropis seperti Indonesia mungkin akan memilih musim dingin demi melihat hamparan salju saat berwisata ke negara empat musim.

Tapi, untuk berkunjung ke Rusia, khususnya kota Moskow justru saat terbaik adalah ketika musim panas berlangsung, yaitu antara bulan Juni hingga Agustus.

Walau judulnya musim panas, tapi suhu di Negara Beruang Merah tak pernah menyentuh angka lebih dari 26 derajat Celcius. Yang berarti seterik apapun matahari, panasnya tak akan membuat berkeringat atau kegerahan.



Musim panas juga membawa keceriaan tersendiri bagi warga Moskow. Biasanya pada paruh tengah tahun yang berarti juga bertepatan dengan musim panas, berbagai festival baik yang gratis hingga berbayar akan digelar di pusat kota Moskow, yakni di kawasan Kremlin hingga Taman Gorky.

Warga Moskow juga terlihat lebih ceria lantaran tak perlu lagi menggunakan jaket tebal. Mereka bahkan dengan santainya berjemur di taman dengan hanya mengenakan bikini atau baju tipis. Bukan berjemur di pinggir pantai, tetapi benar-benar berjemur di taman kota.

Selain soal cuaca, ketika musim panas datang matahari juga lebih lama bertengger di langit kota Moskow. Matahari akan terbit sekitar pukul 03.00 waktu Moskow dan akan terbenam sekitar pukul 22.00 waktu Moskow.

Benar-benar siang hari yang panjang.


Selain berjemur, menikmati es krim sambil jalan-jalan di tengah kota, warga Moskow juga senang berdansa.

Ada satu tradisi unik yang dilakukan warga Moskow ketika musim di Taman Gorky, tepatnya di area yang langsung bersebelahan dengan Sungai Moskwa.

Menari salsa di sore hari menjadi kebiasaan mereka selama musim panas. Baik dengan kawannya atau turis yang melintas.

Entah sejak kapan tradisi ini berlangsung di salah satu sudut kota Moskow, tapi tentu saja peminatnya selalu ramai.

Tiket dan visa

Tentu saja, sebelum menikmati semua keindahan dan kenyamanan Moskow, yang perlu dilakukan adalah mencari tiket pesawat ke negara Vladmir Putin itu.

Harga tiket pesawat ke Moskow sendiri bervariasi. Rata-rata harga tiket ke Moskow tepatnya dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta ke Bandara Demodedovo di Moskow ada dalam kisaran Rp9 jutaan hingga Rp14 jutaan, dan ini hanya tiket berangkat bukan tiket pulang pergi.

Jika tiket sudah di tangan, urusan lain adalah soal visa yang harus segera di dapat.

Mengurus visa ke Rusia bukan hal yang sulit, asal semua perlengkapan yang disyaratkan saat mengisi formulir secara online terpenuhi, maka visa akan ada di tangan anda tanpa perlu perdebatan apapun.

Ada dua jenis pembuatan visa di Kedutaan Besar Rusia yang berada di kawasan Kuningan, Jakarta. Yakni cara reguler yang akan selesai dalam 14 hari kerja, dan cara ekspres atau kilat yang akan selesai dalam empat hari kerja.

Untuk visa yang dibuat dengan jalur reguler kita harus merogoh kocek US$90 (sekitar Rp1,2 juta) sementara untuk jalur ekspres uang yang mesti dikeluarkan adalah US$140 (sekitar Rp1,9 juta).


[Gambas:Video CNN]

(ard)