Konsumsi Obat Jerawat Saat Hamil Bisa Sebabkan Bayi Sumbing

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 20/07/2019 14:25 WIB
Konsumsi Obat Jerawat Saat Hamil Bisa Sebabkan Bayi Sumbing Ilustrasi (morgueFile/idahoeditor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ibu hamil memang harus lebih memperhatikan asupan makanan yang disantapnya. Tak cuma asupan makanan tapi juga asupan obat-obatan juga harus diperhatikan.

Ibu hamil memang tak boleh sembarangan mengonsumsi obat, termasuk obat jerawat. Dokter spesialis anak dari RSCM, Murti Andriastuti mengungkapkan bahwa konsumsi obat-obatan secara berlebihan termasuk obat jerawat bisa berbahaya untuk ibu hamil, salah satunya menyebabkan bayi yang terlahir sumbing.

"Obat diserap lewat pembuluh darah, jadi harus diperhatikan obat-obatan yang memang termasuk teratogenik, dapat menyebabkan kecacatan janin," ujarnya saat Cleft Craniofacial Center (CCC) RSCM dikutip dari Antara.


Bibir sumbing adalah kelainan dengan adanya celah di bagian mulut yang harusnya tertutup. Kondisi ini terjadi akibat gagalnya penyatuan bibir pada masa perkembangan janin yakni minggu ke empat dan ke enam.


Selain menghindari paparan obat teratogenik, ibu hamil juga harus berhati-hati pada obat bebas yang dijual di warung.

"Obat warung bisa dikonsumsi siapa saja tapi kalau untuk ibu hamil harus lebih diperhatikan. Kalay satu dua kali tidak apa-apa. Tetapi kalau berkelanjutan dan perlu obat terus menerus harus dikonsultasikan ke dokter."

Selain itu, ibu hamil juga harus berhenti merokok dan minum alkohol. (Antara/chs)