Trik Beli Parfum untuk Si Dia

tim, CNN Indonesia | Minggu, 21/07/2019 19:56 WIB
Trik Beli Parfum untuk Si Dia Foto: Pixabay/monicore
Jakarta, CNN Indonesia -- Beli parfum buat diri sendiri tentu tak jadi soal. Tinggal ke toko parfum dan pilih aroma sesuai selera. Lain cerita jika parfum akan diberikan untuk orang lain apalagi orang terkasih. 

Ahli wewangian Karen Gilbert menyebut parfum yang diberikan untuk orang terkasih menunjukkan bahwa Anda benar-benar memikirkannya. Dia pun memberikan beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum membeli parfum. 

1.  Riset


Sebelum masuk toko parfum dan mencium semua wangi parfum yang ada di sana, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Riset tentang apa yang si dia sukai dan tidak sukai. Kemudian apa dia suka menyematkan wewangian di rumah, wangi lavender atau sandalwood, suka makanan pedas atau manis. 

"Cek aroma yang mereka suka dan aroma dari busana harian lalu eksplorasi keluarga wewangian ini," kata Karen dikutip dari Stylist

Rutinitas seseorang bisa mempengaruhi pilihan. Jika dia bekerja di kantor, pilih wewangian yang tak terlalu kuat. Sedangkan jika dia suka berolahraga, aroma citrus (jeruk) bakal terasa pas. 


Gilbert menyarankan saat tersendat saat riset, tanya saja pada kawan atau keluarganya. 

2. Semprot pada kertas

Satu jenis parfum bisa menghasilkan aroma menarik pada satu orang, tetapi bisa saja terasa tidak enak pada orang lain. Beda jenis kulit, beda pula cara parfum bekerja. 

Gilbert menyarankan untuk mencoba parfum pada kertas daripada menyemprotkannya pada pergelangan tangan. 

"Tips saya tulis nama parfum pada kartu berbeda sebelum disemprotkan. Kalau tidak Anda akan lupa yang mana," imbuhnya. 

3. Coba maksimal 3 parfum

Tak bisa dimungkiri, saat masuk toko parfum hidung akan tergoda dengan aneka jenis wewangian. Agar masukan aroma tak berlebihan, Gilbert berkata maksimal cium tiga jenis parfum saja. 

Ambil jeda 30 menit, tunggu kertas mengering, biarkan hidung 'beristirahat', baru pilih mana yang jadi favorit. 


4. Pilih wangi yang klasik

Jenis wewangian ada banyak sehingga tak jarang menimbulkan kebingungan. Tenang saja, jika bingung pilihan wewangian klasik bisa menolong situasi. 

"Jika ragu, ada beberapa pilihan wangi yang aman dan mudah dipakai dan kebanyakan orang akan menyukainya," kata Gilbert. 

Wewangian klasik favorit pria biasanya Eau Sauvage by Christian Dior, Aramis by Aramis, Pour Monsieur by Chanel, atau Colonia by Acqua di Parma. Sedang wanita bakal selalu jatuh hati dengan Chanel No.5, L'Air Du Temps Perfume by Nina Ricci, Joy Perfume by Jean Patou, Miss Dior Perfume by Christian Dior, dan Shalimar Perfume by Guerlain. 

(chs/chs)