6 Strategi Menang Debat dengan Mudah

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 08/08/2019 08:57 WIB
6 Strategi Menang Debat dengan Mudah Salah satu cara memenangi debat dengan mudah adalah bertindak layaknya seorang pemenang. (Foto: Istockphoto/ZargonDesign)
Jakarta, CNN Indonesia -- Debat biasanya menjadi suatu ajang yang seru untuk disimak. Topik debat, kontestan, konteks, cara strategi debat, atau bahkan tata cara perdebatan menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk datang menyaksikan keberlangsungan debat.

Bagi peserta, memenangi debat adalah salah satu tujuan mengikuti kontes. Maka tidak jarang mereka bakal memunculkan pernyataan maupun pertanyaan yang terkesan menyerang lawan. Tujuannya tak lain untuk mematikan gerak lawan. Manuver serangan itu biasanya didukung data dan fakta maupun asumsi pribadi.


Tentu memenangi debat pun akan membawa keuntungan. Seperti mendapat pujian dari berbagai kalangan maupun menambah jumlah pendukung atau simpatisan. Ternyata berdebat pun tak sembarangan. Berikut strategi agar menang debat dengan mudah yang dilansir dari beberapa sumber.


1) Berpikir layaknya seorang juri debat
 6 Strategi Menang Debat dengan MudahAnda yang mengikuti kontes debat harus berpikir layaknya seorang juri debat. (Istockphoto/vm)

Berpikirlah seolah-olah Anda adalah seorang juri debat, bukan diri anda sendiri. Ingat, satu-satunya orang yang pendapatnya penting di akhir putaran adalah juri, bukan Anda.

Janganlah berargumen menurut sudut pandang dan pendukung Anda sendiri. Berargumen lah dengan lebih netral namun tetap menyisipkan kebaikan-kebaikan untuk meyakinkan audiens.

Tatap juri saat mengutarakan argumen penting. Dengan sikap yang meyakinkan akan menguatkan argumen Anda di benak juri.

2) Selalu berpikir komparatif

Dijamin Berhasil, Simak 6 Strategi Menang Debat dengan MudahSelalu berpikir komparatif dan sertakan alasan yang logis supaya lawan bertekuk lutut. (Foto: robarmstrong2/Pixabay)

Anda harus selalu mempertimbangkan dampak dari segala argumen yang Anda buat. Usahakan untuk mencari kelebihan dari statement yang kita pakai.

Berpikir lah dengan tidak menggunakan sudut pandang Anda sendiri. Sudut pandang dari mana saja bisa menjadi fokus Anda. Contohnya, serangan nuklir oleh teroris karena runtuhnya Pakistan jelas sangat buruk, tetapi menyebarkan senjata nuklir ke banyak negara bukankah lebih buruk?

Nah, jika Anda membuat klaim komparatif bahwa alasan argumen Anda lebih penting daripada tim lain, Anda dapat memenangkan putaran debat dengan mudah.

3) Bertindaklah layaknya seorang pemenang
 6 Strategi Menang Debat dengan MudahMemiliki kepercayaan diri yang bagus adalah salah satu kunci untuk memenangi debat. (Istockphoto/PeopleImages)

Kepercayaan diri yang baik, materi yang bagus, kemampuan komunikasi yang cemerlang dan ditunjang dengan bahasa tubuh bisa meyakinkan para audiens untuk memilih Anda sebagai pemenang.

Namun jangan sampai terlihat sombong. Sampaikan argumen dengan penuh percaya diri sehingga juri yakin akan pernyataan Anda.


4) Jangan terlena dengan argumen sendiri
 6 Strategi Menang Debat dengan MudahJangan berlebihan percaya diri dengan argumen sendiri karena bisa saja data yang dipaparkan salah. (Istockphoto/skynesher)

Jangan terlalu yakin dengan pernyataan serta data yang Anda berikan kepada audiens karena bisa saja data Anda tidak lebih update atau bahkan salah.

Penting diperhatikan bahwa dalam menyampaikan argumen, tidak perlu terlalu percaya diri dan kukuh dengan pendapat Anda. Hal ini untuk menghindari Anda kalah saat melakukan perdebatan.

5) Bekerja sebagai tim
 6 Strategi Menang Debat dengan MudahPenting untuk menjaga koordinasi dan keseimbangan kemampuan tim dalam berdebat. (Raw Pixel)

Meski merasa argumenmu penting dan merujuk pada data dan fakta, tetap jangan merasa lebih dominan dibandingkan rekan debatmu. Sebab juri bisa berpikiran bahwa kemampuan debat tim tidak seimbang sekaligus menunjukkan kurangnya koordinasi yang matang di dalam tim.

Sehingga buat proporsi yang sama rata dengan sesama rekan tim agar tampak kompak dan solid. Pastikan juga Anda dan rekan membahas dan menyepakati argumen bersama.


6) Buat lawan menjawab pertanyaannya sendiri
Buatlah pembahasan yang memancing lawan debat Anda untuk mengiyakan pertanyaan kepadanya. Hal ini bisa menjatuhkan mental lawan Anda. Jika berhasil maka menunjukkan bahwa lawan Anda tidak memiliki prinsip yang kuat dan lawan debat Anda tidak mampu menyanggah pertanyaan pancingan dari Anda.

Nah, meski enam strategi di atas terkesan mudah, namun perlu rajin berlatih agar bisa memenangkan debat dengan mudah. (otn/fef)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA