'Mata Panda,' Cara Lucu Ibu Hentikan Anak Main HP

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 16/07/2019 08:40 WIB
'Mata Panda,' Cara Lucu Ibu Hentikan Anak Main HP Ilustrasi (Foto: NadineDoerle/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi seorang ibu, Zahnia Gita, menarik perhatian netizen. Zahnia menghitamkan mata anaknya agar berhenti bermain gawai. Cara Zahnia yang tak biasa untuk menghentikan anak bermain dengan gawai ini viral di media sosial.

Zahnia menceritakan pengalamannya menghitamkan mata sang anak lewat sebuah unggahan di Facebook pada Minggu (14/7) pagi.

Ide menghitamkan mata anak ini muncul tak sengaja saat Zahnia sedang merias wajahnya di malam hari. Ketika itu, anak perempuannya sedang tertidur pulas.


Zahnia lalu mewarnai lingkar mata anaknya dengan makeup berwarna hitam. Warna itu tampak menyatu dengan alis sang anak.

Sang anak baru sadar ada yang berbeda dengan matanya saat terbangun di pagi hari dan melihat di depan cermin. Dia pun bertanya kepada Zahnia mengapa matanya bisa berubah menjadi hitam.

"Ini adalah perbuatan ibunya yang makeup pas lagi tidur, lalu pas bangun anak tanya kenapa mata hitam," kata Zahnia dalam unggahan di Instagram.

Zahnia pun lantas menjawab karena terlalu sering bermain ponsel. Alhasil, si anak menangis terisak-isak.

"Ibu jawab karena terlalu banyak main HP. Anak nangis terisak-isak menyesal.. Hahaha, boleh coba mak emak," tulis Zahnia.

Jawaban Zahnia pada anaknya tentu saja tidak benar. Zahnia bermaksud menghentikan anaknya yang terlalu sering bermain ponsel dengan memberikan efek jera berupa mata yang menghitam.



Unggahan Zahnia ini viral dan sudah dibagikan lebih dari 145 ribu kali.

Bermain ponsel atau menatap layar gawai dengan jarak dekat dalam waktu lama dapat memberikan banyak dampak negatif pada anak. Mulai dari masalah penglihatan, gangguan tidur, hingga masalah kepribadian.

Pegiat perlindungan anak, Diena Haryana mengatakan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengontrol penggunaan gawai pada anak. Seperti mengaktifkan kontrol orang tua pada gawai, gunakan istilah meminjamkan gadget, sering memantau, batasi waktu penggunaan, dan tidak menggunakan ponsel di kamar tidur.


Tak cuma itu, waktu berjam-jam yang dihabiskan bersama ponsel pintar diketahui berpengaruh terhadap kerangka tengkorak. Penggunaan telepon pintar mengembangkan tulang di bagian leher di bawah tengkorak seperti benjolan

Benjolan di tulang tengkorak ini dikenal juga dengan tonjolan osipital eksternal yang dapat berukuran sangat besar. Anda dapat memeriksanya dengan menekan jari di pangkal tengkorak.

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) juga menetapkan kecanduan video game sebagai salah satu bentuk gangguan kesehatan mental. Kecanduan video game masuk dalam versi terbaru klasifikasi penyakit yang dirilis WHO pada Senin (18/6).

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)