FOTO: Keindahan Danau 'Maldives' yang Mematikan

Rostislav Netisov & AFP, CNN Indonesia | Selasa, 16/07/2019 14:18 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Danau Novosibirsk disebut sebagai 'Maldives (Maladewa) di Siberia'. Nyatanya danau tersebut tempat pembuangan limbah.

Indah dan asri, adalah dua kata yang bisa menggambarkan Danau Novosibirsk di Rusia. Tapi siapa sangka kalau danau tersebut merupakan tempat pembuangan limbah beracun. (Photo by Rostislav NETISOV / AFP)
Danau buatan tersebut memang menggoda siapapun untuk berfoto di sekitarnya. Airnya jernih kebiruan dan bebatuannya putih bersih. (Photo by Rostislav NETISOV / AFP)
Siberian Generating Company, perusahaan yang memiliki izin pengelolaan danau tersebut mengatakan kalau danaunya merupakan tempat pembuangan limbah dari pabrik batubara lokal. (Photo by Rostislav NETISOV / AFP)
Mereka juga mengimbau agar orang-orang tak bersentuhan langsung dengan airnya yang sudah terkontaminasi limbah. (Photo by Rostislav NETISOV / AFP)
Air jernih di danau, yang sering disebut 'Maladewa di Siberia', berasal dari garam kalsium dan oksida logam yang mengandung zat alkali tinggi. (Photo by Rostislav NETISOV / AFP)
Meskipun airnya tidak beracun, dasar danau itu cukup dalam dan berlumpur, sehingga jika sudah tenggelam akan sulit menyelamatkan diri. (Photo by Rostislav NETISOV / AFP)
Siberian Generating Company mengumumkan hal tersebut melalui unggahan foto di akun Instagram resminya. (Photo by Rostislav NETISOV / AFP)
Pipa pembuangan limbah beracun di tepi danau. (Photo by Rostislav NETISOV / AFP)
Pemandangan fotogenik perairan Danau Novosibirsk. (Photo by Rostislav NETISOV / AFP)
Danau Novosibirsk kini dijaga ketat agar tidak ada orang yang nekat menceburkan diri ke dalam perairannya. (Photo by Rostislav NETISOV / AFP)