10 Manfaat Hebat Mentimun: dari Hidrasi sampai Diet

tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/07/2019 12:12 WIB
Sebenarnya mentimun tak cuma bermanfaat untuk memberikan rasa segar usai bersantap. Mentimun juga punya segudang manfaat lain yang tak terduga. ilustrasi mentimun (Pixabay/stevepb)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mentimun biasanya hanya sekadar jadi pelengkap dalam makanan. Jadi lalap, acar, atau bahkan minuman segar.

Jenis sayuran yang satu ini memang memberikan sensasi segar tersendiri ketika disantap, terutama setelah makan makanan berat dan bersantan.

Namun sebenarnya mentimun tak cuma bermanfaat untuk memberikan rasa segar usai bersantap. Mentimun juga punya segudang manfaat lain yang tak terduga.


"Seperti sayuran lainnya, mentimun memiliki sejumlah ragam manfaat untuk tubuh, dan ini tidak diketahui dengan baik seperti halnya kubis, tetapi bukan berarti ini tidak baik," kata dokter Jessica Perez. 


Berikut beberapa manfaat makan mentimun, dilansir dari Women's Health.

1. Kaya Nutrisi

Mentimun memiliki kandungan nutrisi yang super. Di antaranya ada kalori sebanyak 16 gram, protein 1 gram, serat 1 gram, karbohidrat 4 gram, gula 2 dan sodium masing-masing 2 gram. 

Tak hanya itu, mentimun juga kaya akan vitamin C dan K, juga memiliki kandungan magnesium, potasium, dan mangan yang cukup tinggi. 

2. Antioksidan dan Mikronutrisi

Mengacu pada Jurnal Penelitian Usia dan Praktik Klinik, mentimun mengandung sejumlah kelompok polifenol seperti lignan, yang bisa membantu mengobati kanker yang berhubungan dengan esterogen. 

Perez juga menyebut mentimun mengandung beberapa antioksidan seperti beta kerotin dan flavonoid, yang mampu melawan inflamasi dan melindungi sel dari kerusakan. 

3. Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi kerap disebut hipertensi, mampu meningkatkan risiko penyakit pembengkakan pembuluh darah, stroke, atau lebih buruk. Tingginya kandungan elektrolit potasium dalam mentimun mampu mengurangi retensi air yang diinduksi natrium dan dengan demikian menurunkan tekanan darah, menurut American Heart Association.

4. Melancarkan Pencernaan

Pada dasarnya, semua kalori yang terkandung dalam mentimun berasal dari serat. Menurut keterangan Perez, serat mampu meningkatkan kesehatan usus dan keteraturan pergerakan usus. Juga bermanfaat dalam mengelola kondisi tertentu seperti diabetes dan kolesterol tinggi. Bahkan mentimun juga bisa membuat Anda menghindari makan berlebih. 


5. Menjaga Hidrasi

Hidrasi sangat penting bagi tubuh untuk membawa nutrisi ke sel-sel Anda. Juga mencegah sembelit, dan membuang bakteri. Perez juga mengatakan mentimun dapat membantu Anda memenuhi asupan cairan harian yang disarankan, yaitu 8 gelas air mineral. Umumnya, mentimun terbuat dari 95 persen air dan ini sudah cukup memenuhi kebutuhan air Anda.

6. Menyehatkan Usus

Kandungan tinggi serat dalam mentimun mampu menyehatkan usus. Terlebih ketika Anda mengkonsumsinya dalam bentuk acar. Maka ini sangat super. Acar terbuat dar emntimun ditambah campuran yang tepat dari garam dan cuka. 

"Proses fermentasi membuatnya menjadi bahan bakar yang sempurna untuk usus Anda," Bonnie Taub-Dix, kreator laman makanan Better Than Dieting dan Read It Before You Eat It.

 Meningkatkan "bakteri baik" dalam usus Anda dikaitkan dengan sejumlah manfaat seperti membaiknya kekebalan tubuh dan fungsional usus.

7. Baik untuk diet 

Mentimun disebut-sebut menjadi salah satu makanan yang mampu menjaga berat badan. Konsumsi mentimun juga bagus jika ingin memilih gaya hidup sehat yang kaya akan produk, biji-bijian, lemak sehat, dan protein tanpa lemak.

"Mentimun mampu membantu menurunkan berat badan, dalam artian, jika Anda mengkonsumsinya dengan lebih banyak akan membuat Anda mengurangi makan karena ini bisa membuat Anda merasa kenyang dengan cepat dalam waktu yang cukup lama," kata Perez.

8. Mampu Mengatur Diabetes

Sama halnya dengan membantu menjaga berat badan sehat, mentimun juga bisa mengendalikan diabetes. Kandungan airnya yang banyak mampu mengurangi hasrat untuk memakan camilan. Dimana hal ini merupakan cara terbaik untuk mengatur kadar insulin.

9. Menguatkan Tulang

Memperkuat tulang bukan hanya dengan kalsium. Pikirkan tentang mentimun yang juga kaya akan vitamin K. Studi dari Jurnal PLos Medicine menemukan bahwa wanita pascamenopause yang mengonsumsi lima miligram vitamin K setiap hari selama dua tahun mengalami patah tulang 50 persen lebih sedikit daripada kelompok kontrol.

Namun, vitamin K juga mampu membantu pembekuan darah, maka perlu bicarakan dengan dokter Anda sebelum peningkatan tiba-tiba dalam jumlah mentimun jika Anda mengonsumsi pengencer darah.

10. Untuk Bahan Masakan

Mentimun memiliki rasa netral yang sangat berguna sebagai bahan makanan atau camilan. Berbagai hidangan dengan menu mentimun tentu akan menyegarkan sekaligus membuat perut lebih kenyang dengan cepat. Ini bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menyantap hidangan segar. 

(nad/chs)