Pesan Demokrasi dalam Sepotong Kue Bulan Hong Kong

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 16/07/2019 19:43 WIB
Pesan Demokrasi dalam Sepotong Kue Bulan Hong Kong Ilustrasi kue bulan (Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hong Kong dilaporkan makin membara. Bentrok antara aktivis dan aparat kembali terjadi pada Minggu (14/7).

Banyak aktivis maupun warga turut turun ke jalan dalam rangkaian aksi demo yang dimulai sejak Juni lalu. Namun, cara berbeda dilakukan oleh toko kue setempat.

Toko kue Wah Yee Tang di distrik Sai Ying Pun menawarkan kue-kue tradisional dengan pesan khusus. Toko kue milik keluarga ini menuliskan 'Orang Hong Kong' dan 'Mari Berjuang Bersama'.


Tak hanya itu, beberapa kue bulan bertuliskan teks yang mengundang tawa seperti 'Laporkan Ibumu'. Frasa ini mengacu pada sebuah guyon tentang penghinaan cabul yang dilontarkan polisi terhadap wartawan pada beberapa protes sebelumnya.

"Saya cuma ingin membuat orang Hong Kong lebih bahagia. Apa yang saya tahu adalah bahwa saya perlu melakukan sesuatu untuk komunitas di mana saya tumbuh," kata Naomi Suen, manager toko, mengutip Reuters.

Suen menyebut, permintaan kue bulan akhir-akhir ini meningkat. Padahal, biasanya kue bulan dipesan dan dinikmati saat Festival Pertengahan Musim Gugur.

Seorang pembeli, Linda Chan, bahkan rela menempuh waktu selama 45 menit untuk memperoleh dua kotak besar kue bulan. "Saya pikir kata-kata yang tertulis di atas kue sangat unik," kata dia.

Hong Kong telah diramaikan dengan beragam ekspresi kreatif dalam beberapa pekan terakhir. Termasuk di antaranya 'dinding Lennon' yang muncul di tengah-tengah perumahan sebagai ekspresi demokrasi akibat unjuk rasa berkepanjangan.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)