Warga Hong Kong, Manusia 'Pemuja' French Toast

tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/07/2019 07:53 WIB
Warga Hong Kong, Manusia 'Pemuja' French Toast Dalam satu tahun, warga Hong Kong menyantap setidaknya 320 juta porsi french toast yang setara dengan lingkar bumi. (Istockphoto/JMichl)
Jakarta, CNN Indonesia -- French toast ternyata mampu membuat warga Hong Kong kecanduan. Faktanya, menurut survei, tiap tahun warga negara tersebut mengonsumsi roti panggang itu hampir setara dengan lingkar bumi setiap tahunnya.

Survei yang dilakukan oleh platform kesehatan HealthyD mengungkapkan bahwa warga Hong Kong mengonsumsi 320 juta porsi roti panggang dalam satu tahun. French toast adalah hidangan yang terbuat dari irisan roti tawar yang direndam dalam telur dan susu

Selain french toast, warga Hong Kong juga punya camilan kesukaan lainnya. Sebut saja kentang goreng, paha ayam goreng, egg tart, sampai roti nanas dengan mentega.


"Makanan favorit Hong Kong kebanyakan digoreng dalam minyak banyak, dan disajikan dengan mentega dan sirup," kata Cynthia Wong Oi-se, ahli gizi senior di NutraCare Consultancy dikutip dari SCMP.


Sekitar 57 persen orang mengatakan bahwa ini adalah camilan favorit mereka. Jika french toast jadi cemilan favorit, maka milk tea menjadi minuman favorit mereka. Sekitar 55 persen memilih teh susu sebagai minuman paling disukai.

Teh susu ini dibuat dari teh hitam dengan tambahakn susu evaporasi ataupun susu kental manis.

Di posisi selanjutnya, milk tea diikuti oleh teh lemon dan air lemon.

'Bahaya' french toast

Melihat kebiasaan dan kegemaran warga Hong Kong untuk menikmati berbagai camilan ini membuat ahli gizi sedikit khawatir akan kesehatan, apalagi kalau bukan masalah kalori.

Pasalnya, dalam satu porsi french toast mengandung 420 kalori. Ini setara dengan dua mangkuk nasi.

"Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung," kata Wong.

Selain itu, kentang goreng menganung 539 kalori per porsi, paha ayam goreng mengandung 431 kalori, roti panggang dengan susu kental manis dan selai kacang mengandung 405 kalori, egg tart 230 kalori, dan roti nanas 421 kalori.


Tak cuma itu minuman favorit orang Hong Kong juga mengandung kalori yang tinggi.

"Satu gelas es lemon tea mengandung gula sebanyak enam sendok," katanya.

"Pilih susu skim daripada lemak jenuh karena mengandung banyak kalori." (chs)