Ketika Sepatu 'Buluk' Dijual Lebih Mahal dari Rumah

tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/07/2019 16:05 WIB
Ketika Sepatu 'Buluk' Dijual Lebih Mahal dari Rumah Rumah lelang yang berbasis di New York, Sotheby's baru saja mengumumkan akan melelang 100 sneakers langka di dunia. (Courtesy Sotheby's/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepatu-sepatu langka di dunia bakal dilelang dengan harga yang melambung tinggi. Rumah lelang yang berbasis di New York, Sotheby's baru saja mengumumkan akan melelang 100 sneakers langka di dunia.

Di antara deretan sepatu langka itu, terdapat sepatu Nike buatan tangan tahun 1972 yang sudah terlihat buluk. Meski buluk, jangan salah kalau harganya diperkirakan terjual dengan harga US$160 ribu atau lebih dari Rp2,2 miliar, lebih mahal dari harga rata-rata rumah kelas menengah.

Terlihat sepatu berseri Moon Shoes yang berwarna putih itu sudah mulai kecokelatan karena tanah yang melekat. Beberapa bagian kain juga terlihat sudah bolong-bolong.


Meski tampak usang, sepatu ini punya nilai sejarah yang tinggi. Sepasang sepatu berseri Moon Shoes itu merupakan sepatu lari bersol waffle yang dirancang langsung oleh pendiri Nike, Bill Bowerman untuk Olimpiade 1972. 


Sepatu ini merupakan satu dari 12 pasang saja yang pernah dibuat di dunia. Sepatu ini juga satu-satunya sepatu yang tak diketahui siapa pemakainya. Sepatu ini dilelang dengan harga tawaran mulai US$80 ribu atau Rp1,1 miliar. 

Penawaran sepatu ini akan dibuka pada Kamis (18/7) hingga Selasa (23/7), pekan depan.

"Penjualan ini menawarkan serangkaian sepatu langka yang sangat diidam-idamkan yang menyatukan seni, budaya, dan mode," kata kepala e-commerce Sotheby's Noah Wunsch dalam keterangan resmi, dikutip dari CNN.


Penawaran termurah untuk sepatu yang dilelang ini adalah sepasang Air Jordan merah dan hitam tahun 1994, yang dirilis ulang dari desain aslinya. Sepatu ini dilelang dengan harga awal US$1.800 atau Rp25 juta dan diperkirakan dapat terjual mencapai US$3.000 atau Rp41 juta.

Selain itu ada pula dua pasang sneakers Nike yang dirilis bekerja sama dengan Stadium Goods yang terinspirasi dari Back to the Future Part II. Sepasang sepatu dari Pharrell Williams yang berkolaborasi dengan Adidas dan Chanel juga diperkirakan terjual dengan harga US$50 ribu atau Rp698 juta. (ptj/chs)