Makanan Pengganti Air, Cocok untuk Cuaca Panas

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 08:18 WIB
Makanan Pengganti Air, Cocok untuk Cuaca Panas Ilustrasi selada sebagai makanan pengganti air (Foto: JennyWojcik/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cuaca dan gelombang panas membuat tubuh membutuhkan asupan air yang lebih banyak. Selain air mineral, asupan air juga bisa didapat dari sederet makanan yang mengandung banyak air.

Makanan dengan kadar air tinggi dapat mengatur suhu tubuh dan membuat badan tetap segar meski matahari sedang terik-teriknya.

Berikut makanan yang dapat dikonsumsi saat cuaca panas karena mengandung banyak air.

1. Semangka
Semangka merupakan buah dengan kandungan air tinggi. Sekitar 92 persen dari buah adalah air. Kombinasi air dan serat dalam semangka baik untuk hidrasi tubuh dan juga menimbulkan rasa kenyang.

2. Stroberi
Stroberi juga kaya kandungan air. Kadar air dalam buah ini mencapai 91 persen. Stroberi juga terdiri dari serat dan gula sederhana sehingga baik dikonsumsi saat cuaca panas.

3. Blewah
Buah blewah mengandung 90 persen air. Blewah juga kaya akan vitamin C dan folat. Dikutip dari Healthline, makan blewah membantu tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, menjaga kesehatan jantung, pencernaan, ginjal, dan tekanan darah.

4. Mentimun
Mentimun kaya akan air dan serat larut sehingga dapat meningkatkan hidrasi. Kandungan air dalam mentimun mencapai 96 persen. Untuk memaksimalkan kandungan nutrisi, mentimun sebaiknya dimakan tanpa dikupas. Mengupas mentimun dapat mengurangi jumlah serat, serta vitamin dan mineral di dalamnya.

5. Selada
Selada mengandung 96 persen air. Selain itu, sayuran hijau ini juga kaya akan vitamin A dan K. Selada juga mengandung kalsium, folat, dan kalium yang semuanya baik untuk kesehatan.

6. Jeruk
Jeruk memiliki kadar air 87 persen dan kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan saat cuaca panas. Kandungan air dan mineral dalam jeruk juga dapat menjaga kesehatan ginjal dan jantung.

7. Kembang kol
Bunga kol memiliki kandungan 92 persen kadar air. Kandungan air yang tinggi membuat kembang kol cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

[Gambas:Video CNN]


(ptj/asr)