Menuju Air Terjun Tumpak Sewu

agr, CNN Indonesia | Jumat, 19/07/2019 18:30 WIB
Menuju Air Terjun Tumpak Sewu Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Air terjun merupakan adalah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Tidak sedikit orang yang mengunjungi air terjun saat akhir pekan tiba, biasanya alasan utamanya adalah mudah dijangkau dan bernuansa alam.

Salah satu air terjun favorit di Jawa Timur adalah Tumpak Sewu atau Coban Sewu yang terletak di Lumajang.




Tumpak Sewu 'mendadak' populer karena panoramanya yang memukau sehingga tersebar dengan cepat di instagram.

Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai, sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered.

[Gambas:Instagram]

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut.



Wisatawan biasanya lebih sering menjangkaunya melalui Kabupaten Lumajang, lewat jalan nasional rute 3 lintas selatan Jawa Timur.

Jika berangkat dari Malang, pilihlah rute perjalanan Bululawang-Dampit menuju perbatasan Lumajang dan Malang.



Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Waspadalah karena jalan tersebut hanya muat dua kendaraan saat berpapasan.



Tumpak sewu memiliki dua buah perspektif, namun biasanya wisatawan yang punya energi berlebih akan memilih menuruni tebing untuk panorama yang lebih kolosal.

Tetaplah berhati-hati saat menuruni tebing yang sudah dilengkapi pengaman ini, mengingat tempatnya tidak luas. Biasanya perlu waktu sekitar 30 menit untuk mencapai dasar lembah, dan akan lebih saat mendakinya.

[Gambas:Video CNN] (agr)