Kisah Pria India yang Tak Keramas Selama 40 Tahun

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 20/07/2019 19:53 WIB
Kisah Pria India yang Tak Keramas Selama 40 Tahun Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/Blacqbook)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap orang umumnya membutuhkan keramas sekali dalam dua hari. Debu, kotoran, minyak bercampur keringat akan mendatangkan rasa tak nyaman di kepala.

Tak keramas sepekan saja, Anda akan dibuat repot oleh rambut yang membandel. Bagaimana jika satu tahun?

Sakal Dev Tuddu (63) mengaku belum mencuci dan memotong rambutnya selama 40 tahun terakhir. Tuhan, kata Tuddu, memintanya untuk tidak memotong rambut serta berhenti minum alkohol dan rokok demi menyucikan diri.


Kini, rambutnya gimbal dan panjang menjuntai hingga sekitar 1,8 meter. Dia mengenakan aksesori seperti turban pada bagian atas rambut.

Agar rambut tetap bersih, Tuddu mengikat rambutnya dengan kain putih ke mana pun ia pergi. Ikatan ini membuat rambutnya tak menyapu lantai.

Mengutip Metro, Tuddu dikenal sebagai tabib. Para tetangganya di distrik Bihar, India, memanggilnya dengan sebutan Mahatma Ji sebagai tanda penghormatan. Sehari-hari dia meracik obat untuk mereka yang ingin memiliki keturunan.

Sang istri, Rupiya Devi, tak mempersoalkan kondisi rambut Tuddu. Mereka tinggal bersama tiga anak laki-laki, tiga anak perempuan, dan tujuh orang cucu.

Sebelumnya, pemecah rekor rambut gimbal terpanjang dipegang oleh Asha Mandela, seorang perempuan asal Florida, Amerika Serikat. Rambut gimbalnya menjuntai sepanjang 34 meter pada tahun 2018 lalu.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)