Makanan Pertama yang Dimakan di Bulan

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 27/07/2019 05:40 WIB
Makanan Pertama yang Dimakan di Bulan ilustrasi bacon (Istockphoto/Handmade Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia -- Neil Armstrong dan Buzz Aldrin melangkahkan kakinya di atas permukaan Bulan pada 50 tahun silam. Dunia berkumpul untuk menyaksikan dan merayakan pencatatan sejarah tersebut.

Tak hanya masyarakat di Bumi, kedua astronot itu juga merayakan pencapaiannya menuju Bulan. Keduanya menikmati makan pertama mereka di Bulan. Bacon dipilih sebagai menu santapan sekaligus menjadi makanan pertama yang dimakan di bulan.

Mengutip Smithsonian, keduanya mengonsumsi paket makanan pertama di bulan yang terdiri dari daging bacon, buah persik, gula batu, minuman nanas, dan kopi.


Bacon mengisi sejarah panjang program luar angkasa Amerika Serikat. Sebelumnya, daging itu muncul dalam misi Gemini 8.

Aturan Makan Apollo 11

Perjalanan ke bulan memang tak seperti vakansi singkat ke tepi pantai. Segala tetek bengek yang berkaitan dengannya harus mengikuti berbagai aturan yang tersimpan dalam Lunar Landing Module, termasuk di antaranya adalah makanan.

Tak seperti misi-misi luar angkasa sebelumnya, aktivitas makan dalam perjalanan ke bulan tak terlalu bikin astronot repot. Pilihan makanan pun kian banyak. Para astronot juga bisa makan dengan peralatan umumnya seperti sendok dan garpu.

Mengutip Eat Me Daily, awak Apollo bahkan makan dengan keju cheddar selama misi ke bulan pada Juli 1969 silam.

Makanan Apollo 11 juga harus memenuhi persyaratan gizi utama. Berat badan para astronot harus dipertahankan tanpa penurunan. Buzz Aldrin, misalnya, yang menghabiskan 300 kalori per jam di bulan.

Makanan-makanan ajaib ini harus ringan, padat, dan dapat dimakan dalam gravitasi nol. Makanan-makanan ini umumnya hadir dalam bentuk paket basah atau wetpack. Paket basah memungkinkan makanan mempertahankan kadar air.

Sebuah peningkatan besar dalam teknologi makanan dalam misi Apollo 11 adalah konsep penggunaan sendok. Makanan direhidrasi dan dihangatkan dalam kantong plastik yang tertutup dengan ritsleting. Jika ingin makan, para astronot tinggal membukanya dan memakannya dengan sendok.

Roti sosis, daging babi dengan kentang, dan daging ayam adalah beberapa makanan lezat yang dinikmati awak Apollo 11.

Hal menarik lainnya dari misi Apollo 11 adalah minuman. Untuk pertama kalinya kopi melanglangbuana ke antariksa. Sebanyak 15 cangkir diberikan untuk setiap orang. Aldrin menginginkan kopi hitam, Michael Collins meminum kopi bercampur gula, dan Armstrong yang lebih menyukai karakter kopi yang terang dan manis.

Para astronot juga memiliki makanan penutup seperti brownies seukuran satu gigitan dan kue nanas.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)